Tuesday, November 26, 2019

Efek Samping Air Kelapa untuk Tubuh


Efek Samping Air Kelapa. Kelapa merupakan salah satu jenis buah yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Selain daging buahnya yang gurih, air kelapa termasuk bagian yang paling digemari dari buah ini. Pasalnya, selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga merupakan minuman yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, mulai dari melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan, ternyata terlalu sering minum kelapa juga dapat menimbulkan dampak yang kurang baik untuk tubuh dan membahayakan kesehatan. Lantas, apa saja efek samping akibat terlalu sering mengonsumsi air kelapa? Simak ulasan di bawah ini.

Efek Samping Konsumsi Air Kelapa Berlebihan

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan kalium yang dimiliki air kelapa dapat menimbulkan efek samping tertentu. Pasalnya, air kelapa mengandung 10 kali lipat lebih banyak kalium dibandingkan jenis minuman olahraga pada umumnya.

Tingginya kadar kalium yang dimiliki air kelapa dapat membuat jantung berdetak secara tidak normal hingga pingsan, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya itu, mengonsumsi air kelapa secara berlebihan juga dapat menyebabkan hiperkalemia.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa terlalu banyak, maka pada akhirnya kadar kalium di dalam tubuh Anda menjadi tidak normal, sehingga Anda mengalami gejala-gejala seperti :
  • Sakit perut.
  • Tubuh berkeringat dingin.
  • Detak napas tidak normal dan terengah-engah.
  • Merasa pusing secara tiba-tiba.
  • Mengalami rasa tertekan dan nyeri pada bagian lengan dan dada.

Efek samping dari kalium yang terdapat pada air kepalapa juga dapat memengaruhi kinerja otot Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang serius, seperti gangguan jantung. Bahkan, kebiasaan mengonsumsi air kelapa berlebihan juga dapat membuat Anda merasakan gejala serangan jantung. Apabila kondisi ini terjadi, maka segera hubungi dan periksakan diri Anda ke dokter.

Selain kelebihan kalium, efek samping lain yang dapat terjadi jika Anda mengonsumsi air kelapa berlebihan adalah, meningkatnya risiko obesitas dan kanker perut. Hal ini disebabkan karena kandungan sodium dan gula yang terdapat pada air kelapa.

  • Sodium pada air kelapa

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi air kelapa yang mengandung sodium secara berlebihan, maka terdapat risiko yang mungkin akan terjadi, diantaranya adalah meningkatnya tekanan darah dan risiko terkena kanker perut. 

  • Kandungan gula pada air kelapa

Konsumsi air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh Anda. Akan tetapi, terlalu sering mengonsumsi air kelapa dapat membuat risiko terjadinya obesitas semakin meningkat, akibat kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh.

Disqus Comments