Monday, November 4, 2019

Ini Dia Cara Diet Karbo yang Benar


Diet Karbo yang Benar. Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang terdapat pada berbagai jenis makanan dan minuman, baik dalam bentuk tepung maupun gula. Pada dasarnya, orang Indonesia memiliki risiko tinggi dalam mengalami kelebihan karbohidrat. Hal ini disebabkankarena sebagian besar orang Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok.
Seperti yang Anda ketahui, nasi putih merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun, saat ini banyak orang yang mulai melakukan diet karbohidrat dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga berat badan atau mencegah terjadinya obesitas (kegemukan).
Pelru Anda pahami, bahwa diet karbohidrat bukan berarti Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Karena, bagaimanapun karbohidrat merupakan asupan penting bagi tubuh agar memiliki energi atau tenaga. Diet karbohidrat cukup dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dari biasanya. Biasanya, orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sebanyak 300-400 gram per hari. Namun, ketika menjalani diet, asupan karbohidrat dapat dikurangi menjadi setengahnya atau sekitar 150-200 gram.
Meskipun begitu, pengurangan asupan karbohidrat perlu disesuaikan dengan aktivitas yang biasa Anda lakukan, dan dilakukan secara perlahan dalam hitungan minggu maupun bulan. Sebaiknya Anda tidak menurunkan asupan karbohidrat dalam jumlah yang banyak apabila melakukan aktivitas berat. Pasalnya, kekurangan asupan karbohidrat dapat menyebabkan menurunnya metabolisme dan juga menghilangkan massa otot. Selain itu, penurunan karbohidrat juga harus diimbangi dengan asupan protein dan serat yang mencukupi.
Untuk membantu diet karbo yang Anda jalani, ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori. Berikut ini beberapa makanan sehat dan rendah karbohidrat yang bisa dapat konsumsi sehari-hari :

  • Daging

Daging sapi, ayam, bebek, domba, dan kalun merupakan jenis daging yang memiliki kandungan protein tinggi, namun rendah karbohidrat dan gula. Selain itu, beberapa jenis daging olahan seperti ham, sosis, dan bistik, ternyata  juga memiliki karbohidrat dan gula yang rendah. Namun, hal ini berlaku jika daging diolah dengan cara direbus atau ditumis.

  • Ikan


Ikan merupakan salah satu makanan sumber protein, rendah karbohidrat dan gula. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon, ikan sarden, ikan trout, tiram, udang, dan cumi sebagai menu diet karbo. Selain itu, ikan juga aman untuk dikonsumsi penderita penyakit gula atau diabetes.

  • Produk susu.


Siapa sangka jika teryata susu yang melalui proses pengolahan ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, diantaranya seperti keju dan yogurt.

  • Sayuran.


Sayuran merupakan jenis makanan sehat, rendah gula, rendah karbo, serta diperkaya dengan kandungan vitamin, mineral, serat dan kandungan air. Namun, tidak semua jenis sayuran rendah karbohidrat dan gula, lho! Sayuran yang dapat kamu pilih antara lain adalah bayam, kembang kol, brokoli, paprika, kubis dan jamur.

  • Buah-buahan.


Selain sayuran, buah-buahan tentunya tak bisa dihilangkan dari daftar makanan sehat yang rendah karbohidrat. Hal ini membuat buah-buahan sering dijadikan salah satu menu andalan bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Buah-buahan yang rendah karbohidrat dan gula antara lain adalah timun, alpukat, stroberi, dan kiwi.
Disqus Comments