Sunday, November 10, 2019

Ciri-Ciri Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai


Ciri-Ciri Demam Berdarah. Demam berdarah atau yang sering disebut DBD merupakan suatu penyakit yang dapat menular melalui gigitan nyamuk, yang mana nyamuk tersebut membawa virus dengue. Ada sua jenis nyamuk yang membawa virus tersebut, yakni Aedes aegypty dan Aeddes albocpictus. Namun di Indonesia sendiri, nyamuk yang paling sering menularkan penyakit DBD pada manusia adalah nyamuk betina jenis Aedes aegypty.

Meskipun DBD merupakan penyakit yang dapat menular, namun penularan dari orang ke orang berbeda dengan penularan flu atau pilek. Virus penyebab DBD hanya dapat ditularkan melalui perantara, yaitu nyamuk. Ketika nyamuk yang terkontaminasi virus dengue menggigit kulit manusia, maka virus tersebut akan berpindah lewat gigitan tersebut. Virus ini dapat menularkan infeksi selama 4-5 hari setelah gejala DBD pertama muncul.

Proses penyebaran virus ini diawali oleh orang terinfeksi yang terkena gigitan nyamuk. Setelah itu, virus penyebab DBD pindah pada tubuh nyamuk dan berinkubasu selama 4 sampai10 hari. Kemudian, jika nyamuk tersebut menggigit orang lain yang berada dalam kondisi sehat, maka virus akan berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan infeksi.

Demam berdarah merupakan kondisi yang harus segera ditangani. Pasalnya, demam berdarah dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan dan kebocoran pada pembuluh darah. Selain itu, demam berdarah juga dapat menyebabkan kadar trombosit (sel keping darah) menurun. Kondisi ini merupakan kondisi darurat yang dapat mengancam nyawa seseorang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala DBD agar dapat mengenali kondisi ini dan dapat menanganinya dengan cepat.


Berikut ini beberapa ciri-ciri atau gejala DBD yang perlu Anda waspadai:

  • Demam Tinggi secara Tiba-Tiba


Demam pada dasarnya merupakan gejala dari banyak penyakit. Namun, jika demam terjadi secara tiba-tiba, bisa jadi hal ini merupakan pertanda demam berdarah. Untuk dapat membedakannya dengan demam biasa, Anda perlu mengetahui bahwa demam akibat DBD bisa mencapai 40 derajat Celcius. Selain itu, demam gejala DBD juga tidak disertai dengan gejala lain seperti batuk dan bersin-bersin. Demam pada DBD juga bisa berlangsung selama 2 sampai 7 hari.

  • Sakit Kepala Parah


Gejala selanjutnya yang akan muncul ketika mengalami DBD adalah sakit kepala yang tergolong parah. Sakit kepala ini biasanya terjadi di sekitar dahi atau belakang mata.

  • Mual dan Muntah


Dalam beberapa kasus, DBD juga dapat ditandai dengan masalah pencernaan seperti mual dan muntah. Gejala ini bisa berlangsung selama 2 hingga 4 hari.

  • Nyeri Otot


Setelah gejala demam terjadi, biasanya penderita DBD akan mengalami nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala ini juga dapat disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

Selain gejala-gejala diatas, terdapat gejala lain seperti hilanngnya nafsu makan, diare, pembengkakan kelenjar getah bening, dan ruam merah yang muncul sekitar 2 hingga 5 hari setelah demam.

Disqus Comments