Thursday, November 28, 2019

Penyebab Bengkak Keseleo tak Kunjung Sembuh


Bengkak Keseleo tak Kunjung Sembuh. Keseleo (sprain) merupakan suatu kondisi di mana terjadinya cedera (sobekan atau peregangan) pada ligamen yang menahan persendian. Kondisi ini dapat menimbulkan keluhan berupa memar, nyeri, bengkak, hingga keterbatasan dalam bergerak.

Keseleo pada pergelangan kaki dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa. Meskipun begitu, kondisi ini lebih sering ditemukan pada orang dewasa yang aktif dalam kegiantan olahraga, seperti bola, futsal, basket, dan voli. Kondisi ini juga dapat terjadi pada penari atau pedansa, hingga pada wanita yang gemar menggunakan sepatu hak tinggi.

Pada saat seseorang keseleo, maka beberapa struktur  pada pergelangan kakinya dapat mengalami cedera atau robekan. Dua struktur yang palung sering mengalami cedera adalah Calcaneofibular Ligament (CFL), dan Anterior Talo Fibular Ligament (ATFL).Jika cedera yang dialami cukup parah, maka akan terbentuk benjolan yang cukup besar pada sisi luar pergelangan di dekat mata kaki. Biasanya pergelangan kaki akan mengalami pembengkakan yang cukup besar, sehingga penderita akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Pergelangan Kaki Keseleo

Penanganan Pertama untuk Keseleo

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keseleo atau cedera pergelangan kaki adalah dengan melakukan prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Evaluation). Pertama-tama Anda harus segera mengistirahatkan kaki yang cedera, jangan memaksa kaki Anda untuk melakukan aktivitas, terutama olahraga. Setelah itu, kompres kaki yang cedera dengan sesuatu yang dingin, dan tinggikan posisi kaki dengan menggunakan bantal guna mengurangi pembengkakan.

Tindakan alternatif, seperti dipijat atau diurut saat mengalami keseleo tidak dianjurkan. Selain itu, keseleo pada pergelangan kaki juga kerap disertai dengan patah jari kaki atau cedera urat lain. Maka dari itu, sebaiknya Anda mendatangi dokter untuk melakukan pemeriksaan, agar dapat segera ditangani dengan cara yang tepat.

Penyebab Keseleo Tak Kunjung Sembuh

Banyak orang yang menganggap remeh ketika dirinya keseleo dan hanya menganggapnya cedera biasa, sehingga tidak segera ditangani dengan baik. Padahal, kondisi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, sebab banyak struktur urat dan tulang yang mengalami cedera, robekan, bahkan retak, yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan pergelangan kaki membengkak dan terasa nyeri.

Selain itu, kaki keseleo yang tidak ditangani dengan baik dapat memebuat pergelangan kaki rentan mengalami kondisi yang sama di kemudian hari (recurrent ankle sprain). Jika kondisi ini terjadi, maka terapi konservatif saja mungkin tidak cukup sebagai penanganannya, sehingga diperlukan prosedur bedah, seperti rekrontruksi CFL, rekrontruksi ATFL atau penanganan fraktur yang terlibat dengan pemasangan implan (pen).

https://lingshenyao.id/obat-kista-ovarium/
Disqus Comments