Monday, October 21, 2019

Kebiasaan-Kebiasaan Ini Sebabkan Susah Tidur


Ketika tubuh sudah terasa sangat lelah dan mata mengantuk, maka tidur menjadi satu-satunya hal yang dibutuhkan. Namun, ada beberapa orang terkadang mengalami kesulitan untuk tidur meskipun tubuh sudah sangat membutuhkannya. Lantas, apa saja penyebab susah tidur? Simak penjelasannya di bawah ini.

Banyak orang yang percaya bahwa tubuh yang terlalu lelah justru dapat menyebabkan seseorang susah tidur. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kondisi ini sebenarnya merupakan penyebab dari beberapa aktivitas atau kebiasaan yang Anda lakukan dan juga kondisi ruangan yang ditempati.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini beberapa penyebab susah tidur yang kerap menjadi kebiasaan :

  • Minum Kopi Sebelum Tidur

Sejak dulu, kopi memang dipercaya sebagai minuman yang dapat membuat seseorang terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena kandungan kafein pada kopi dapat memyebabkan masalah susah tidur. Jika Anda mengonsumsi kafein sekitar 6 jam sebelum tidur, maka Anda berisiko mengalami susah tidur di malam hari meskipun sudah sangat mengantuk. Selain itu, kafein juga dapat mengacaukan jam biologis tubuh ritme sirkadian.

  • Main Gadget Sebelum Tidur

Mungkin Anda merupakan salah satu dari banyak orang yang memiliki kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Padahal, hal ini ternyata sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan ketika tubuh Anda sudah membutuhkan istirahat. Pasalnya, paparan cahaya pada ponsel dapat mengacaukaan hormon di dalam tubuh Anda, sehingga Anda mengalami kesulitan untuk tidur meskipun Anda sudah merasa sangat mengantuk.


Selain ponsel, layar komputer dan televisi juga dapat menyebabkan dampak yang sama. Maka dari itu, jika tubuh sudah merasa sangat lelah maka segeralah merebahkan diri di atas kasur dan istirahat dengan tenang.

  • Kebiasaan Menggunakan Obat Tidur

Banyak orang yang menggunakan obat tidur agar bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan. Meskipun cara ini cukup ampuh, namun kebiasaan mengonsumsi obat tidur justru dapat memicu kecanduan yang dapat merusak kemampuan tubuh untuk tidur secara alami.

  • Kondisi Kamar yang Tidak Nyaman

Tak banyak diketahui, ternyata susah tidur juga bisa disebabkan karena kondisi kamar yang tidak nyaman, seperti terlalu panas atau gerah, berantakan, berisik, ataupun terlalu terang. Bahkan, jika Anda sudah bisa tertidur pun Anda masih bisa terbangun, sehingga kualitas tidur pun menjadi terganggu. Maka dari itu, buatlah kondisi kamar Anda senyaman mungkin, menjadi lebih sejuk, kedap suara, tidak terlalu terang atau gelap lebih baik, sehingga tubuh lebih mudah memproduksi hormon melatonin yang membuat Anda lebih mudah terlelap.

Disqus Comments