Thursday, October 10, 2019

Penyebab Nyeri Perineum pada Pria dan Wanita


Perineum merupakan area antara kemaluan dan anus. Bagian kulit di sekitar perineum ini memiliki sensitivitas yang tinggi, sehingga tak jarang digunakan sebagai salah satu titik rangsangan seksual bagi pasangan. Namun, bagian tubuh ini tak luput dari gangguan yang membuatnya tidak nyaman dan nyeri. Lantas apa saja penyebab nyeri perineum? Simak ulasan di bawah ini.

Nyeri perineum bukan merupakan hal yang baru baik bagi pria maupun wanita. Kondisi ini dapat dipicu akibat duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak nyaman atau sedang berada di atas sepeda, sehingga sering kali menyebabkan rasa nyeri yang intens dan membuat tidak nyaman.

Pada dasarnya, nyeri perineum terjadi ketika ada takanan yang sangat besar di area kemaluan. Namun, kondisi ini akan membaik dengan sendirinya, tanpa memerlukan penanganan khusus. Akan tetapi, jika nyeri yang dirasakan tak kunjung reda dan sulit untuk diatasi, maka sebaiknya Anda memeriksanya ke dokter. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab nyeri perineum agar dapat melakukan penanganan yang tepat.

Berikut ini penyebab nyeri perineum yang perlu Anda ketahui :

  • Infeksi Saluran Kemih


Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana banyak bakteri yang masuk ke saluran kemih. Kondisi ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Infeksi ini mengakibatkan jalur keluarnya urine mengalami peradangan dan terasa nyeri saat berkemih. Jika kondisi ini ditangani dengan tepat, maka nyeri perineum tidak akan terjadi. Namun, jika gejalanya sudah semakin parah dan bakteri menyebar ke banyak tempat, maka nyeri perineum akan sering muncul.

Baca Juga : Berbagai Tumbuhan Herbal Untuk Atasi Asam Urat

  • Cedera


Cedera juga dapat menjadi penyebab nyeri perineum pada pria maupun wanita. Cedera ini dapat terjadi akibat kebiasaan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat atau terlalu menekan area selangkangan. Jika cedera yang dialami tidak parah, maka kemungkinan besar dapat segera sembuh. Namun, jika sudah parah hingga menyebabkan robekan atau pendarahan, maka harus segera dilakukan penanganan khusus.

  • Abses


Jika area di sekitar perineum mengalami infeksi dan mulai muncul bisul bernanah, maka kemungkinan besar perineum akan terasa sakit. Apalagi jika terjadi pembengkakan pada kulit di sekitarnya terasa sangat panas.

  • Disfungsi Otot Panggul


Nyeri perineum juga dapat terjadi akibat terjadi akibat otot panggul yang tidak dapat berfungsi denga baik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga otot ini agar tidak sampai rusak, sehingga tidak akan menimbulkan masalah.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-hati/
Disqus Comments