Tuesday, October 29, 2019

Penyebab Perut Bunyi dan Cara Mengatasinya


Perut bunyi kerap menyebabkan masalah, terutama ketika Anda tengah berada di tengah-tengah keramaian. Perut bunyi sendiri biasanya disebabkan oleh rasa lapar, masuk angin, atau beberapa kondisi medis yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab cara mengatasi perut berbunyi, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Perut bunyi atau keroncongan ketika lapar di dalam dunia medis dikenal dengan "Borborygmi". Meskipun begitu, nyatanya perut bunyi tidak hanya terjadi ketika lapar saja, melainkan juga ketika makana yang sedang diproses dalam sistem pencernaan mengandung memicu banyak udara.

Penyebab Perut Bunyi

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan perut berbunyi :

  • Lapar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika lapar, perut cenderung mengeluarkan bunyi alias keroncongan. Hal ini disebabkan karena ketika perut Anda merasa lapar, maka ada zat di otak yang mengaktifkan keinginan untuk mengonsumsi makanan. Zat ini mirip dengan hormon dan akan mengirim sinyal ke usus dan lambung. Dengan begitu, otot-otot dalam sistem pencernaan Anda akan mengalami kontraksi dan menyebabkan perut berbunyi.

Baca Juga : Penyebab Muntah Darah Karena Maag Dan Cara Mengatasinya

Selain itu, perut bunyi juga mungkin menandakan bahwa kadar gula di dalam tubuh Anda cenderung rendah. Sehingga, usus tidak dapat mendapatkan nutrisi yang cukup dari darah. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda segera mengisi perut Anda, tentunya dengan makanan sehat dan bergizi.

  • Makanan yang Dicerna

Selain lapar, perut bunyi juga sering kali disebabkan oleh pergerakan makanan, cairan, dan udara yang bergerak di dalam usus. Pada dasarnya, sebagian besar dinding saluran pencernaan masnusia terdiri dari lapisan otot. Ketika makanan masuk, maka otot di dinding usus akan berkontraksi guna mengalirkan makanan sampai ke bagian akhir dari usus, gerakan inilah yang menyebabkan perut berbunyi. Biasanya gerakan usus ini terjadi beberapa jam setelah makan atau pada malam hari ketika akan tidur.

  • Terlalu Banyak Udara di Usus

Perut bunyi juga dapat disebabkan akibat adanya gas yang berlebihan pada usus. Hal ini biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan terlalu cepat atau berbicara sambil makan. Kelebihan udara ini juga dapat terjadi ketika usus memproduksi terlalu banyak gas dari makanan yang tidak dicerna dengan baik.

  • Kondisi Medis

Perut bunyi juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti diare, alergi makanan, obat pencahar, radang usus, pendarahan pada saluran pencernaan, atau penyakit Crohn.

  • Cara Mengatasi Perut Bunyi

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perut bunyi :

  • Minum air secara perlahan.
  • Makan dan mengunyah secara perlahan.
  • Makan dengan porsi sedikit namun sering.
  • Kurangi konsumsi makanan atau minuman  manis, asam, bersoda, dan berkafein.
  • Batasi konsumsi makanan yang memicu gas, seperti brokoli, kacang, dan kol.
  • Hidari stres atau kelola stres dengan baik.
  • Segera makan ketika merasa lapar.
Disqus Comments