Monday, October 28, 2019

Luar Biasa! Ini Dia Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan


Buah bit atau bit merah merupakan jenis tanaman umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuk buah bit ini hampir menyerupai kentang. Biasanya tanaman ini hanya dimanfaatkan akarnya sebagai bahan pengobatan tradisiona. Namun, seiring berjalannya waktu, daun dan buah dari tanaman ini juga mulai digunakan karena memiliki banyak manfaat. Buah bit sering kali dijadikan pewarna dan pemanis alami pada makanan. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus ataupun dijadikan santapan dengan tekstur lembut. Selain nikmat, ternyata buah bit memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh? Simak jawabannya di bawah ini.

Tak hanya daunnya yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sayur mayur, nyatanya buah bit juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, buah bit tinggi akan karbohidrat, namun kandungan protein, lemak, dan kalorinya sangat rendah. Maka dari itu, bit merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk dijadikan menu diet bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Selain itu, buah bit juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah, vitamin C, serat, asam folat, kalium, magnesium, zat besi, fosfor, betasianin, tritofan, dan caumarin. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki buah bit, membuatnya memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah :

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Persik yang Jarang Diketahui

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Buah bit telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan nitrat yang dimiliki buah ini, yang juga terdapat pada sayuran berdaun hijau. Dengan begitu, konsumsi jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Kaya akan Antioksidan


Kandungan antioksidan yang dimiliki buah bit dapat membantu memberantas dan menangkal zat-zat radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan pada buah ini juga dapat mencegah terjadinya stres dan kerusakan sel-sel baik di dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi buah bit dapat melindungi tubuh dari serangan-serangan penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


Buah bit juga kerap digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti kontipasi atau sembelit. Hal ini disebabkan karena, buah bit mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, sehingga kesehatan pencernaan menjadi optimal.

  • Mencegah Anemia


Buah bit kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan regenerasi sel darah merah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit anemia. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah bit dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

  • Mencegah Penuaan Dini


Buah bit juga memiliki kandungan folat yang tinggi, sehingga dapat membantu perbaikan sel secara optimal. Kondisi ini tentunya dapat membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, antioksidan dan vitamin C pada buah ini dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-hati/
Disqus Comments