Wednesday, October 23, 2019

Ini Dia Bahaya Lemon Untuk Gigi yang Perlu Anda Ketahui


Bahaya Lemon untuk Gigi. Saat ini, tren mengonsumsi minuman sehat semakin merajalela,  salah satunya adalah minum air lemon. Pasalnya, air lemon dipercaya akan berbagai macam khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan pada air lemon yang perlu Anda ketahui :

  • Vitamin C : Kandungan vitamin C pada lemon berperan sebagai zat anioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan menangkal radikal bebas.
  • Vitamin B : Kandungan vitamin B pada lemon dapat membantu proses pengubahan makanan menjadi energi, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.
  • Kalium : Kandungan kalium yang terdapat pada lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung.
Selain itu, lemon juga dilengkapi dengan kandungan protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, lemak, dan asam askorbat.

Namun, di tengah isu-isu manfaat air lemon bagi kesehatan, justru terdapat suatu risiko yang cukup besar pada kesehatan gigi Anda. Apalagi jika Anda mengonsumsi air lemon secara rutin. Hal ini disebabkan karena lemon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Kandungan asam tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada enamel (email) gigi. Jika Anda mengonsumsi lemon setiap hari, maka dapat menyebabkan terjadinya proses erosi pada gigi. Diantaranya adalah, hilangnya lapisan email gigi, memicu terjaidnya gigi sensitif yang menyebabkan rasa ngilu ketika mengonsumsi makanan panas atau dingin, hingga merubah warna gigi menjadi lebih kuning.

Cara Merawat Gigi Setelah Minum Air Lemon

Meskipun begitu, jika Anda tetap ingi mengonsumsi air lemon tanpa membahayakan gigi, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara di bawah ini. Diantaranya adalah :
  • Minum air lemon dengan menggunakan sedotan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir atau mengurangi kontak antara gigi dengan air lemon yang dikonsumsi.
  • Hindari menyikat gigi langsung setelah mengonsumsi air lemon. Hal ini disebabkan karena permukaan (email) gigi yang melunak akibat zat asam yang terkandung pada air lemon, sehingga akan semakin rusak apabila disikat.Tunggulah sekitar satu jam.
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat lembut.
  • Bilas atau kumur rongga mulut dengan air putih setelah mengonsumsi air lemon.
  • Gunakanlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya atau pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, guna memperkuat gigi.
  • Anda juga dapat mengunyah permen karet bebas gula untuk mengurangi risiko kerusakan gigi setelah mengonsumsi air lemon. Kunyah permen karet ini setelah mengonsumsi air lemon, guna merangsang keluarnya air liur yang dapat membantu menetralisir zat asam yang terdapat di dala rongga mulut.
Disqus Comments