Sunday, October 20, 2019

Khasiat dan Efek Samping Daun Bidara Bagi Kesehatan


Bahaya Daun Bidara. Bidara merupakan tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana. Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah kering. Selain menghasilkan buah, pohon bidara juga memiliki daun yang ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun bidara bagi kesehatan? Dan adakah efek sampingnya? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas mengenai manfaat daun bidara, ada baiknya jika Anda mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki oleh daun ini. Daun bidara memiliki komposisi kimiawi yang terdiri dari protein, asam amino, flavonoid, alkaloid, serat, saponin, tanini, dan senyawa fenolik.

Daun bidara memiliki banyak manfaat sebab memiliki sifat antioksidan, imunostimulan, hepatoprotektor, sitoprotektif, dan sifat farmakologis penting lainnya. Berikut ini berbagai macam manfaat daun bidara yang perlu Anda ketahui :

  • Baik untuk Pencernaan


Salah satu manfaat daun bidara adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, daun bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai macam racun yang ada pada organ pencernaan, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Anda dapat mengonsumsi daun bidara secara langsung, amupun dengan meminum air rebusan daun bidara. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi teh maupun buah bidara secara langsung.

  • Menjaga Kesehatan Jantung


Daun bidara memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam penyebabnya. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

  • Menurunkan Kolesterol


Daun bidara memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat ini berguna untuk melarutkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan begitu kadar kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan terbuang melalui sistem pencernaan.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka


Daun bidara juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan juga antibakteri yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, seperti luka sayatan, luka akibat goresan, maupun lecet.

Tak hanya itu, daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, serta menghilangkan bekasnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengolah daun bidara adalah, pastikan bahwa daun tersebut tidak terpapar bahan kimia. Sebab, hal tersebut dapat memicu reaksi alergi. Selain itu, pastikan juga Anda tidak mengonsumsi daun bidara secara berlebihan, guna menghindari timbulnya efek samping yang tidak diinginkan.

https://lingshenyao.id/obat-tradisional-miom/
Disqus Comments