Wednesday, October 30, 2019

Akibat Kebiasaan Begadang yang Sering Diabaikan


Akibat Terlalu Sering Begadang. Pada dasarnya, setiap orang memerlukan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan tubuhnya setelah seharian melakukan aktivitas. Jam tidur yang dibutuhkan setiap orang pun berbeda, hal ini tergantung dengan usia tiap individu. Orang dewasa rata-rata memelukan waktu tidur selama 7-9 jam per hari. Sedangkan anak-anak cenderung memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 10-13 jam per hari. Jika terpenuhi, maka Anda telah mendapatkan kualitas tidur yang baik,sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik pula.

Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Pasalnya, ketika tidur tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dan mental yang rusak atau lelah. Hal ini tentunya sangat berguna terutama untuk remaja yang memiliki banyak aktivitas, di mana tubuh sedang aktif-aktifnya dalam melepas hormon pertumbuhan. Hormon tersebut akan digunakan untuk membangun massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Akibat Terlalu Sering Begadang

Efek samping begadang tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, begadang menyebabkan seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk, sehingga kurang tidur dan juga memicu timbulnya beberapa masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, hingga kanker.


Selain dapat memicu berbagai macam penyakt, seperti yang telah diseampaikan di atas, begadang juga dapat memicu kondisi lainnya, antara lain:

  • Mudah Lupa


Begadang kerap kali menurunkan daya ingat seseorang, sehingga menyebabkan mudah lupa. Pada dasarnya, ketika tidur otak akan mengalami proses regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan Anda. Dalam proses ini, ingatan dan memori akan dipindahkan ke bagian otak yang berfungsi untuk menyimpan memori jangka panjang.

Sementara itu, kebiasaan begadang dapat menghambat semua proses tersebut dan juga meningkatkan rasa kantuk, sehingga membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dan mudah lupa. Maka dari itu, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan begadang Anda mulai dari sekarang, sekaligus sering-sering mengasah otak untuk meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa.

  • Menurunnya Kemampuan Berpikir


Efek begadang yang paling sering dialami selain mudah lupa adalah menurunnya kemampuan berpikir. Hal ini menyebabkan berkurangnya daya nalar, konsentrasi, dan juga kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, orang yang memiliki kebiasaan begadang juga akan mengalami penurunan tingkat kewaspadaan, hingga kesulitan untuk fokus terhadap suatu hal.

  • Kulit Tampak Lebih Tua


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa ketika tidur hormon pertumbuhan akan dilepas. Sementara itu, kebiasaan begadang menyebabkan hormon tersebut akan dilepas dalam jumlah yang lebih sedikit dan membuat hormon pemicu stres, yakni kortisol dilepaskan dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan pecahnya kolagen pada kulit, padahal kolagen berguna untuk membuat kulit lebih kencang dan elastis. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka dapat menimbulkan efek kurang tidur kronis yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kulit kusam dan timbulnya garis-garis halus atau keriput di wajah.

Disqus Comments