Thursday, September 12, 2019

Bahaya Vape Dibandingkan Rokok Tembakau


Vape bahaya bagi kesehatan. Vape atau rokok elektrik saat ini sangat populer di kalangan orang-orang yang aktif merokok, terutama remaja. Vape dianggap lebih ringan dan lebih aman dibandingkan rokok biasa, sehingga banyak yang memilih vape dengan alasan untuk mengurangi penggunaan rokok tembakau.

Akibatnya, banyak orang yang beralih menggunakan rokok elektrik ini karena percaya bahwa vape lebih aman dan tidak akan menyebabkan risiko penyakit jantung dan kanker, seperti rokok tembakau. Namun apakah benar bahwa vape lebih aman dibandingkan rokok biasa? Atau justru lebih berbahaya? Simak ulasan di bawah ini.

Dampak Penggunaan Vape Bagi Kesehatan

Hal yang menyebabkan rokok tembakau sangat berbahaya adalah asapnya, sedangkan rokok elektrik tidak membakar tembakau sehingga tidak menghasilkan asap melainkan uap. Berdasarkan penelitian, kadar bahan kimia berbahaya yang terdapat pada rokok elektrik merupakan sebagian kecil dari kandungan yang ada pada rokok tembakau. Namun, kandungan zat berbahaya ini bermacam-macam.

Rokok elektrik juga memiliki kandungan nikotin yang juga terdapat pada rokok tembakau. Zat tersebut dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga ketika Anda berhenti menggunakannya, Anda akan selalu merasa ingin menggunakannya lagi. Hal ini dapat memicu depresi, cemas, gelisah, dan emosi yang tidak stabil, sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung.

Jadi, tetap saja penggunaan rokok elektrik tidak membuat tubuh Anda aman dari penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan akibat merokok. Baik rokok tembakau maupun rokok elektrik, keduanya berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Berikut ini dampak penggunaan rokok elektrik bagi kesehatan :

  • Berbahaya untuk Kesehatan Paru Paru


Meskipun rokok elektrik tidak menggunakan tembakau, tetapi bukan berarti rokok elektrik tidak berbahaya bagi paru-paru. Pasalnya, kandungan nikotin yang terdapat di dalam vape juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru Anda. Nikotin pada dasarnya dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru, serta mengurangi kemampuan jaringan untuk melindungi zat asing.

Baca Juga : Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Infeksi Paru-Paru

  • Menyebabkan Kanker


Sebuah penelitian menemukan bahwa asap vape memiliki kandungan logam, seperti timah, nikel, perak, besi, silikat, alumunium, dan kromium dalam jumlah yang besar. Partikel-partikel tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pernapasan, serta menimbulkan risiko kanker dan pertumbuhan sel yang abnormal.

  • Menyebabkan Keracunan


Uap yanng dihasilkan rokok elektrik dan cairan di dalamnya sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Pasalnya, anak-anak bahkan orang dewasa pun dapat mengalami keracunan akibat menelan ataupun menghirup cairan tersebut, baik melalui kulit maupun mata.

https://lingshenyao.id/obat-pencegah-kanker/

Disqus Comments