Monday, September 16, 2019

Alasan Kenapa Tubuh Mudah Gemuk


Tipe Tubuh yang Mudah Gemuk. Mungkin Anda pernah merasa iri ketika melihat orang lain dapat mengonsumsi banyak makanan, namun tubuh mereka tidak gemuk sama sekali. Sementara itu, Anda merasa bahwa berat badan Anda mudah naik meskipun hanya makan sedikit. Lantas apa penyebab tubuh mudah gemuk meskipun hanya makan sedikit?

Pada dasarnya, beberapa orang terlahir secara genetis dengan proses metabolisme yang cepat, sehingga tubuh mereka akan tetap langsing meskipun mengonsumsi banyak makanan. Sementara itu, beberapa orang lainya terlahir dengan metabolisme yang lambat, sehingga membuat tubuh mereka mudah gemuk meskipun hanya makan sedikit.

Jika Anda termasuk tipe tubuh yang kedua, maka jangan khawatir. Sebab, kondisi tersebut dapat diatasi dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan seperti di bawah ini :

  • Melewatkan Sarapan


Ingin menurunkan berat badan bukan berarti harus melewatkan sarapan. Penelitian menunjukan bahwa mereka yang sering melewatkan sarapan akan mengalami kenaikan berat badan lebih daripada mereka yang tidak pernah melewatkan sarapan. Pasalnya, melewatkan sarapan menyebabkan seseorang makan lebih banyak di waktu lainnya, sehingga menyebabkan berat badan naik dengan cepat.

  • Memilih Makanan yang Kurang Tepat


Pola makan tidak sehat, seperti memilih makanan yang kurang tepat merupakan pemicu utama yang menyebabkan berat badan cepat naik. Misalnya, seseorang yang gemar mengonsumsi makanan manis seperti sepotong kue, cenderung akan mudah gemuk. Pasalnya, kue memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Alih-alih memerhatikan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, sebaiknya perhatikan berapa banyak jumlah kalori yang akan masuk kedalam tubuh ketika Anda mengonsumsi makanan, jika tidak ingin berat badan naik dengan mudah.

Baca Juga : Manfaat Kacang Hijau untuk Diet

  • Kurang Tidur


Tidur merupakan suatu hal penting yang dibutuhkan oleh manusia. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan kualitas tidurnya sendiri sehingga pada akhirnya mengalami kurang tidur. Padahal,  jika tubuh Anda kurang istirahat, maka dapat mengakibatkan nafsu makan meningkat dan tentunya akan berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan karena, kurang tidur dapat memicu menurunnya fungsi hormon pengendali nafsu makan di dalam tubuh, yaitu leptin dan ghrelin. Akibatnya, Anda akan mudah merasa lapar dan sistem metabolisme di dalam tubuh pun menurun, sehingga menyebabkan berat badan mudah naik.

  • Stres


Selain kurang tidur, ternyata stres juga dapat berpengaruh terhadap kenaukan berat badan, meskipun hanya makan sedikit. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam perut dengan lebih cepat.

https://lingshenyao.id/obat-penghancur-kista/

Disqus Comments