Tuesday, September 3, 2019

Penyebab Mendengkur saat Tidur dan Cara Mengatasinya


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya kerap mendengkur ketika tidur. Hal tersebut tentunya dapat membuat orang yang tidur disekatnya merasa terganggu. Namun tak hanya mengganggu orang lain, ternyata mendengkur juga dapat mengganggu kualitas tidur diri sendiri. Lantas apa penyebab mendengkur, dan bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.
Mendengkur saat tidur terjadi akibat saluran pernapasan tersumbat, kemudian bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Suara dengkuran dapat halus atau keras, sehingga dapat menggaggu orang-orang di sekitar. Biasanya, mendengkur saat tidur lebih banyak dialami oleh orang dewasa. Hal tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti obesitas, hingga kebiasaan konsumsi minuman beralkohol. Akan tetapi, mendengkur juga dapat menjadi gejala yang timbul akibat penyakit apnea tidur yang disebakan oleh gangguan kesehatan lainnya yang cukup serius.
Kebiasaan mendengkur dapat diatasi dengan mengubah pola hidup. Berikut ini cara mengatasi kebiasaan mendengkur :
  • Ubah Posisi Tidur

Bagi Anda yang sering mendengkur ketika tidur, sebaiknya hindari posisi telentang ketika tidur. Pasalnya, tidur dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada bagian mulut turun ke dinding belakang. Hal tersebut dapat menyebabkan suara dengkurang yang cukup keras. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidur dengan posisi menyamping, sehingga Anda tidak akan mendengkur.
  • Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sebelumnya telah disampaikan, bahwa mendengkur saat tidur bisa terjadi akibat berat badan berebih (obesitas). Maka dari itu, agar kebiasaan mendengkur dapat berhenti, Anda perlu melakukan usaha untuk menurunkan berat badan agar ideal. Lakukan dengan cara membatasi porsi makan, terapkan gaya hidup sehat, dan olahraga secara teratur. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.
  • Hentikan Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol 4-5 jam sebelum tidur, dapat mengakibatkan suara dengkuran yang semakin keras. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan, terutama sebelum tidur. Tak hanya kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Hal tersebut disebabkan karena, racun yang terdapat pada asap rokok dapat membuat dinding saluran pernapasan mengalami iritasi dan kemudian membengkak, sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran udara. Selain itu, merokok dan mengonsumsi alkohol juga menimbulkan banyak dampak buruk untuk kesehatan.
  • Periksa ke Dokter

Mendengkur ternyata dapat disebabkan oleh penyakit apnea tidur obstruksif (sleep apnea obstructive). Maka dari itu, sebaiknya Anda periksa ke dokter jika cara-cara diatas tidak ampuh dalam mengatasi kebiasaan mendengkur Anda. Biasanya dokter akan menyarankan pengobatan dengan menggunakan mesin CAP (Continuous Positive Airway Pressure). Pengobatan tersebut dilakukan dengan cara memadsangkan masker bertekanan yang terhubung dengan pompa udara kecil di hidung ketika Anda tidur. Alat tersebut berfungsi untuk menjaga saluran pernapasan agar tetap terbuka.
Disqus Comments