Wednesday, September 25, 2019

Mencegah Risiko Kanker dengan Konsumsi Makanan-Makanan Ini


Kanker merupakan suatu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang, sebab penyakit ini cenderung sulit untuk disembuhkan ketika sudah menyerang. Tak jarang kondisi ini membuat banyak orang panik dan kehilangan harapan untuk dapat benar-benar sembuh dari penyakit mematikan ini. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencegah risiko kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sampai saat ini, masih bisa dikatakan belum ada obat-obatan medis untuk memberantas sel-sel kanker. Ketika seseorang sudah divonis mengidap kanker, maka jalan yang harus ditempuh untuk menyembuhkannya adalah operasi, kemoterapi, atau radio terapi. Meskipun begitu, saat ini banyak alternatif penyembuhan lain seperti obat kanker herbal.

Penyebab munculnya penyakit kanker yang paling umum adalah faktor genetik atau turunan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit kanker, maka Anda juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit tersebut. Selain itu, penyakit ganas ini juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya akibat pola makan yang buruk.


Untuk mencegah kanker, Anda dapat memulainya dengan memperbaiki pola makan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker :

  • Bawang Putih


Bawang putih memiliki kandungan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tuubuh. Hal ini disebabkan karena, kandungan bawang putih kaya akan antioksidan yang bersifat anti kanker. Anda mengonsumsi bawang putih secara rutin dengan cara memakannya langsung atau menjadikannya bumbu perasa pada makanan. Namun, bawang putih mentah memiliki nutrisi yang paling baik dibandingkan dengan bawang putih yang sudah diolah.

  • Brokoli


Selain bawang putih, brokoli juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Pasalnya, brokoli mengandung zat fitronutrien yang dipercaya ampuh dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tak hanya itu, brokoli juga memiliki kandungan zat sulforphane yang dapat membantu mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker payudara hingga 75 persen. Bahkan, kandungan yang terdapat pada brokoli efektif untuk mencegah terjadinya kanker usus dan kanker prostat.

  • Kunyit


Sudah tidak diragukan lagi bahwa kunyit merupakan jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak jarang jika tumbuhan herbal ini digunakan sebagai bahan pengobatan berbagai macam penyakit, salah satunya kanker. Kunyit mengandung zat antioksidan serta anti inflamasi, yaitu kurkumin. Zat ini berperan aktif dalam melakukan pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  • Kacang Kedelai


Kacang kedelai juga merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah kanker. Bahan utama tahu dan tempe ini memiliki sejumlah zat yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti protein. Selain itu, kacang kedelai juga dilengkapi dengan zat anti kanker, yaitu phytoestrogen yang dipercaya dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara.


Disqus Comments