Sunday, September 1, 2019

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit


Manfaat Cuka Apel untuk Wajah. Cuka apel merupakan minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi ini, kandungan gula yang terdapat pada apel diubah menjadi asam asetat, yang merupakan bahan aktif pada cuka. Proses fermentasi ini juga yang membuat cuka apel kaya akan manfaat. Selain mengandung asam asetat, cuka apel juga memiliki kandungan lainnya, seperti vitamin A, vitamin B1, B2, dan B6, vitamin C, vitamin E, kalsium, potasium, dan magnesium.

Meskipun masih termasuk kedalam jenis cuka, namun cuka apel memiliki perbedaan yang mencolok dengan cuka biasa (cuka putih), terutama dari segi manfaatnya. Cuka biasa cenderung tidak memiliki manfaat untuk kesehatan, sedangkan cuka apel memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi lemak di bagian perut, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Namun, selain berguna untuk kesehatan tubuh, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Diantaranya adalah :

  • Mengatasi Jerawat


Jerawat merupakan masalah kulit yang sering kali membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Nah! Untuk mengatasi masalah tersebut, cuka apel dapat Anda jadikan solusi dalam mengatasi jerawat yang membandel di wajah Anda.

Hal ini disebabkan karena, cuka apel memiliki kandungan asam malat yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-jamur. Selain itu, cuka apel juga dapat mencegah bercampurnya minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat. Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak produk perawatan wajah yang menggunakan cuka apel sebagai bahan dasarnya.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan

  • Mencegah Kerutan di Wajah


Setiap orang pasti menginginkan kulit wajah yang terlihat kencang dan awet muda. Bagi Anda yang mulai khawatir akan munculnya kerutan-kerutan tanda penuaan, Anda dapat menggunakan cuka apel secara rutin di wajah Anda. Pasalnya, kandungan asam pada cuka apel dapat memberikan manfaat untuk mengurangi kerutan-kerutan atau garis halus yang muncul pada wajah, sehingga Anda akan memiliki kulit wajah yang terlihat awet muda.

  • Menyeimbangkan pH Kulit Wajah


pH kulit wajah yang tidak seimbang dapat menyebabkan kullit berminyak atau terlalu kering. Selain itu, kulit wajah akan tampak kurang kencang dan elastis. Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan iritasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit wajah dengan menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Cuka apel sangat cocok digunakan sehari-hari untuk mencegah kulit berminyak atau kering.
Disqus Comments