Tuesday, September 17, 2019

6 Manfaat Baik Konsumsi Apel Bagi Kesehatan


Buah-buahan merupakan salah satu jenis pangan yang dibutuhkan oleh setiap orang, salah satunya buah apel. Apel memiliki bergabagai macam variasi yang semuanya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Namun kandungan gizi yang dimiliki apel hijau, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Manfaat apel bagi kesehatan memang tidak diragukan lagi. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, flavonoid dan anti-oksidan yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Konsumsi apel setiap hari secara rutin, dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.
Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi apel  :
  • Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi apel secara rutin, sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan karena, apel mengandung kalori yang rendah, yaitu hanya 80 kal dan kandungan serat yang tinggi. Serat tinggi yang terkandung dalam apel hijau dapat membantu mempercepat kinerja saluran usus. Disarankan untuk mengonsumsi apel sebelum Anda sarapan.
  • Meningkatkan Metabolisme

Mengonsumsi apel juga dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan, mencegah kembung, serta menghilangkan racun yang terdapat di dalam perut. Hal tersebut tentunya memberikan pengaruh dalam mendorong metabolisme yang baik. Hal ini disebabkan karena, apel hijau mengandung cukup banyak serat sehingga mudah untuk dicerna.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung Paru-Paru

Mengonsumsi apel hijau, dipercaya dapat mengurangi risiko terkena asma. Hal tersebut disebabkan karena kandunga flavonoid yang cukup banyak dalam apel hijau. Selain itu, konsumsi apel hijau secara rutin juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker paru-paru sebanyak 21 persen.
  • Mencegah Pendarahan

Manfaat lain dari mengonsumsi apel adalah, dapat menghindari pendarahan di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena, apel memiliki kandungan vitamin K yang dapat mengatasi masalah pendarahan tersebut. Pendarahan tentunya bukan suatu hal yang dapat dianggap remeh, karena pendarahan di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius hingga membahayakan nyawa.
  • Mengurangi Risiko Diabetes

Apel hijau dipercaya mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak serat daripada apel merah. Maka dari itu, apel hijau berkhasiat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, ada baiknya jika mengonsumsi apel hijau tanpa dikupas terlebih dahulu, sebab pada kulit apel hijau juga terdapat banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.
  • Baik untuk Kesehatan Mata

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, mengonsumsi apel hijau setiap hari juga baik untuk kesehatan mata Anda. Apel hijau memiliki kandungan vitamin A tinggi yang berperan penting untuk kesehatan mata.
Disqus Comments