Monday, September 30, 2019

Ini Dia Makanan Penyebab Obesitas yang Harus Dihindari


Obesitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki berat badan berlebih yang disebabkan karena menumpuknya lemak di tubuh. Tak jarang kondisi ini memicu terjadinya masalah psikis akibat tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang gemuk. Obesitas tidak hanya disebabkan akibat mengonsumsi makan terlalu banyak, namun dapat dipicu akibat mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang memang tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan penyebab obesitas, agar dapat menghindarinya sekaligus agar terhindar dari obesitas. Pasalnya, obesitas merupakan kondisi yang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Obesitas dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya, seperti stroke, serangan jantung, hingga dapat menyebabkan kematian.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas :

  • Gorengan
  • Makanan cepat saji (junk food)
  • Soda
  • Makanan instan
  • Daging berlemak
  • Mentega
  • Makanan dan minuman manis
  • Jus buah dalam kemasan
  • Kopi yang menggunakan krim dan gula tambahan

Cara Mencegah Obesitas

Penyebab utama terjadinya obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, kunci utama agar tubuh terhindar dari masalah obesitas adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, berikut ini beberapa cara sehat yang dapat Anda terapkan untuk mencegah terjadinya obesitas :

  • Perbanyak Minum Air Putih

Anda mungkin mengetahui anjuran minum air putih miniimal 8 gelas perhari. Hal tersebut memang benar diperlukan, sebab air merupakan komponen yang penting untuk mendorong keluarnya kotoran dari dalam tubuh, sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan berat badan naik dengan mudah. Akan lebih baik jika mengonsumsi air putih tanpa tambahan pemanis.

  • Ubah Pola Makan


Untuk mencegah dan mengatasi obesitas, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengobah pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah salah satu cara paling ampuh agar terhindar dari obesitas. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran memiliki kalori yang rendah dan kaya akan serat serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghindari konsumsi makanan siap saji (junk food). Hal ini disebabkan karena, junk food mengandung kadar kolesterol atau lemak jahat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Tidur setelah makan juga merupakan salah satu kebiasaan yang dapat memicu terjadinya obesitas.

  • Olaharaga Teratur


Selain mengubah pola makan, Anda juga perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin agar tubuh dapat aktif bergerak, sehingga dapat mengatasi obesitas secara maksimal. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga juga dapat menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit serius, salah satunya diabetes. Olahraga setidaknya 150 menit tiap minggu untuk mencegah dan mengatasi obesitas. Jika sudah mulai terbiasa, Anda dapat meningkatkan lagi aktivitas olahraga setidaknya 350 menit tiap minggu, untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Anda juga dapat melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.
Disqus Comments