Thursday, September 19, 2019

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Perlu Diketahui


Macam-Macam Gatal Kulit. Penyakit kulit merupakan masalah yang masih sangat umum ditemukan, khususnya di Indonesia. Ada beberapa jenis masalah kulit yang kerap menghantui masyarakat dengan berbagai macam faktor penyebab, seperti lingkungan, suhu, hingga kebersihan diri sendiri.

Pada dasarnya, kulit merupakan bagian terbesar yang dimiliki oleh manusia. Kulit sendiri merupakan organ penting yang bertugas untuk melindungi bagian dalam tubuh dari serangan-serangan yang berasal dari luar, seperti virus dan bakteri, serta mengatur perubahan suhu. Ada banyak jenis penyakit kulit yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Masalah umum yang biasa terjadi pada kulit di antaranya adalah bengkak, kemerahan, gatal-gatal, hingga sensasi terbakar. Kondisi tersebut terjadi pada kulit mulai dari yang ringan hingga membahayakan dan dapat mengancam nyawa. Penyakit kulit sebagian besar disebabkan oleh kesalahan penderita sendiri, seperti kurangnya memperhatikan kesehatan dan kebersihan kulit. Berikut ini macam-macam penyakit kulit yang perlu Anda ketahui :

  • Eksim (Dermatitis)


Salah satu jenis penyakit kulit adalah eksim atau dermatitis. Kondisi ini ditandai dengan rasa gatal yang berlebihan pada kulit, disertai dengan warna kulit yang memerah, bersisik, dan pecah-pecah, sehingga akhirnya timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandung cairan atau nanah. Bagian tubuh yang berisiko terkena eksim adalah tangan, kaki, telinga, serta lipatan paha.

  • Bisul (Furunkel)


Bisul merupakan infeksi kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan merah dan dapat membesar. Bisul dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, namun lebih sering ditemikan pada bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan paha, ketiak, leher, dan sela bokong. Jenis penyakit kulit ini terjadi akibat infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, sehingga menyebabkan infeksi lokal.

  • Kudis (Skabies)


Kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan akibat adanya parasit tungau, yaitu Sarcoptes scabiei var hominis. Penyakit kulit ini biasanya di temukan pada orang yang tingal di tempat kumuh dan tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Gejala yang dirasakan berupa gatal yang semakin memburuk, terutama di malam hari, khususnya di bagian sela-sela jari kaki, tangan, alat kelamin, bagian bawah ketiak, pinggang, dan sebagainya. Selain itu, kudis merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular pada orang lain.

  • Kurap


Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejalanya berupa timbulnya lingkaran-lingkaran bersisik pada kulit, serta bercak putih dan lembap yang disertai rasa gatal. Jenis penyakit kulit ini timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan kulit.

  • Herpes


Herpes erupakan jenis penyakit kulit yang lebih banyak ditemukan pada orang dewasa. Penyakit kulit ini ditandai dengan adanya ruam tidak rata dan berukuran kecil yang pada akhirnya melepuh. Penderita herpes akan merasakan perih dan gatal, sehingga membuat kulit mereka menjadi lebih sensitif.

  • Psoriasis


Psoriasis merupakan penyakit kulit yang sulit di diagnosis. Jenis penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya bercak merah dan diatasnya terdapat sisik-sisik putih yang berlapis. Apabila digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok. Psoriasis akan semakin melebar apabila tidak segera ditangani.

Baca Juga : Bahaya Psoriasis Kulit Kepala

  • Melanoma


Melanoma merupakan salah satu jenis penyakit kulit berbahaya yang dapat mengancam nyawa apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat. Gejala penyakit kuilit ini adalah adanya tahi lalat di kulit yang semakin membesar, mengalami perubahan warna, dan meradang.

https://lingshenyao.id/benjolan-di-dubur/


Disqus Comments