Wednesday, September 11, 2019

Gejala Gagal Jantung yang Perlu Diwaspadai


Klasifikasi Gagal Jantung. Gagal jantung (heart failure) merupakan kondisi di mana pompa jantung melemah, sehingga tak mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan baik. Kondisi ini dapat disebut dengan gagal jantung kongesif.

Normalnya, jantung bertugas memompa darah secara terus menerus dengan sistem sirkulasi darah. Jantung terdiri dari empat bilik, yakni dua bilik atas kanan dan kiri (atrium), dan dua bilik bawah kanan dan kiri (ventrikel).

Jika seseorang mengidap gagal jantung, maka darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh melambat. Hal ini disebabkan karena, jumlah darah yang dipompa tidak mencukupi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bilik jantung menjadi kaku dan menebal.

Gagal jantung dapat menyebabkan otot jantung melemah, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu bagian jantung maupun kedua sisi jantung. Namun, perlu Anda ketahui bahwa gagal jantung berbeda dengan lemah jantung maupun serangan jantung.

Jika Anda telah mengidap kondisi ini, terutama jika sudah berada pada tingkat kronis, maka kemungkinan jantung Anda tidak dapat bekerja dengan normal kembali. Namun, gejala-gejala yang muncul akibat kondisi ini masih dapat ditangani.

Baca Juga : Perawatan Penyakit Jantung Bawaan

Gejala Gagal Jantung

Berikut ini beberapa gejala akibat gagal jantung yang perlu Anda ketahui :

  • Kelelahan yang Berlebihan


Ketika mengidap gagal jantung, tubuh Anda akan merasakan kelelahan yang teramat sangat, terutama pada bagian kaki. Gejala ini akan semakin parah seiring bertambahnya aktivitas yang Anda lakukan. Hal ini disebabkan karena kurangnya aliran darah yang kaya akan oksigen pada organ-organ tubuh dan otot Anda.

  • Sulit Bernapas


Selain kelelahan yang berlebihan, gagal jantung juga mengakibatkan pengidapnya mengalami masalah pada pernapasan, yang menyebabkan sulit bernapas. Gejala ini biasaya terjadi ketika Anda berolahraga atau berbaring di ranjang. hal ini terjadi akibat cairan di dalam tubuh mengalir kembali ke paru-paru, atau ketika darah yang kaya akan oksigen tidak mengalir ke seluruh bagian tubuh.

  • Pusing


Gejala ini terjadi karena darah yang dialirkan menuju otak tidak cukup banyak, sehingga dapat menyebabkan pengidap gagal jantung sulit berkonsentrasi, kebingungan, bahkan pingsan.

  • Palpitasi


Palpitasi merupakan kondisi di mana detak jantung tidak beraturan. Hal ini disebabkan karena jantung berusaha memompa darah secara normal.

  • Pembengkakan di beberapa Bagian Tubuh


Ketika ginjal tidak dapat menyaring darah yang cukup, maka tubuh akan memiliki cairan berlebih. Cairan ini dapat menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berat badan Anda naik.

https://lingshenyao.id/jual-obat-herbal/
Disqus Comments