Sunday, September 29, 2019

Cara Mudah Membuat Jamu Beras Kencur


Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma khas dan harum. Khasiat kencur pun sangat baik untuk kesehatan tubuh lantaran kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Selain itu, kencur juga kerap dijadikan bahan untuk membuat ramuan tradisional atau jamu yang mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satu jamu yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah jamu beras kencur. Lalu bagaimana cara membuat jamu beras kencur tersebut? Simak ulasan berikut.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Pertama-tama bahan yang harus disiapkan adalah: 
  • 125 gram kencur
  • 15oo ml air
  • 50 gram beras putih
  • 150 gram gula jawa
  • gula pasir dan secukupnya
  • setengah dendok makan gula jawa
  • sepotong jahe berukuran 5 cm
Langkah-langkah pembuatan jamu beras kencur :
  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam ke dalam air selama kurang lebih satu jam, kemudian sisihkan.
  2. Cuci kencur hingga bersih, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil.
  3. Rebus gula jawa, gula pasir, dan jahe dengan air hingga mendidih. Kemudian tunggu hingga agak dingin, dan saring airnya.
  4. Tiriskan air rendaman beras tadi, lalu blender beras, sekaligus dengan kencur dan air rebusan gula tadi hhingga halus.
  5. Anda dapat menyajikan jamu beras kencur dengan es batu ataupun dimasukan ke kulkas terlebih dahulu.
Itulah tadi cara membuat jamu beras kencur. Namun, sebaiknya jamu ini tidak disimpan terlalu lama, sebab akan menghasilkan buih dan rasa yang pengar. Usahakan untuk tidak menyimpan jamu beras kencur lebih dari sehari.

Manfaat Beras Jamu Kencur untuk Kesehatan

  • Menambah Nafsu Makan

Pada dasarnya, kencur sudah dipercaya akan khasiatnya yang dapat menambah nafsu makan, khususnya pada anak-anak yang susah makan. Untuk menambah nafsu makan, biasanya kencur dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. 
Selain itu, konsumsi jamu beras kencur tidak memandang usia, sehingga aman untuk di konsumsi oleh berbagai kalangan, bahkan anak-anak sekali pun. Bagi anak-anak, beras kencur cenderung digunakan untuk membantu menambahkan nafsu makan mereka. Sedangkan pada orang dewasa, beras kencur berguna untuk meningkatkan stamina tubuh.
  • Sebagai Obat Batuk

Manfaat jamu beras kecur lainnya yang sudah menjadi rahasia umum adalah, sebagai obat pelega tenggorokan atau obat batuk. Anda dapat mencampurkan mengonsumsi jamu beras kencur atau campuran kencur dan garam sebagai obat pereda batuk berdahak. Selain itu, kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menjaga tenggorokan dan pita suara agar tetap sehat.
  • Relaksasi

Jamu beras kencur juga mampu memberikan efek menenangkan bagi tubuh di sela-sela kepenatan yang melanda. Hal ini disebabkan karena aroma kencur yang bisa dijadikan sebagai campuran aroma terapi. Efek relaksasi yang diberikan oleh kencur juga dipercaya dapat mengurangi stres, depresi, gelisah, dan gangguan kecemasan.
Disqus Comments