Sunday, September 8, 2019

Waspada! Ini Dia Bahaya Diet Vegetarian


Bahaya Diet Vegetarian. Banyak orang yang lebih memilih menjalankan proses diet mereka dengan menerapkan pola makan vegetarian, dengan alasan tertentu. Diantaranya seperti ingin hidup lebih sehat atau tidak menyukai protein hewani. Sebagia besar masyarakat percaya bahwa melakukan diet vegetarian  lebih menyehatkan dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Pada dasarnya, tubuh manusia memang membutuhkan asupan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh. Hal ini tentunya lebih baik dan sehat daripada hanya mengonsumsi daging saja. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa diet vegetarian memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh Anda?

Berdasarkan sebuah penelitian yang meneliti kebiasaan diet vegetarian dengan kesehatan mental, menyatakan bahwa diet vegetarian dapat berdampak buruk untuk kesehatan mental. Penelitian yang dilakukan di Jerman ini mengikutsertakan 4.181 responden dengan memberikan kuisioner terkait pola hidup, yang meliputi pemilihan makanan, serta pemeriksaan fisik secara umum. Setelah itu, dilakukan pula pemeriksaan mental bagi responden yang telah melewati pemeriksaan fisik. Pemeriksaan mental ini dilakukan untuk mengetahui apakah para responden memiliki gangguan mental seperti :

  • Anxiety disorder (memiliki rasa panik atau ketakutan berlebihan terhadap sesuatu).
  • Depressive disorder (gangguan mental berupa depresi akut).
  • Somatoform disorder (sakit karena stres).
  • Eating disorder, penyimpangan pola makan seperti  bulimia nervosa atau anoreksia nervosa.


Dari hasil penelitian tersebut, mereka yang menjalani diet vegetarian setidaknya selama 2 bulan, rata-rata mengalami anxiety disorder, depresi akut, somatoform disorder, bulimia, atau anoreksia dibandingkan dengan mereka yang non-vegetarian.

Meskipun buah-buahan dan syuran sangat penting untuk kesehatan tubuh, namun bukan berarti Anda mengonsumsinya tanpa disertai sumber makanan lain, seperti sumber protein hewani. Pasalnya, kandungan gizi dan nutrisi dari makanan hewani juga tak kalah penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mental Anda. Walaupun berbagai penelitian telah membuktikan bahwa diet vegetarian cenderung lebih menyehatkan, namun otak kita tetap membutuhkan asupan zat gizi yang kebanyakan berasal dari makanan sumber hewani.

Berikut ini beberapa zat gizi yang penting untuk otak, yang didapatkan dari makanan sumber hewani :

  • Vitamin B-12, yang penting untuk menjaga sel saraf agar tidak terjadi gangguan mental.
  • Zat besi, yang penting untuk mencegah penurunan fungsi kognitif, penurunan daya ingat, dan gangguan kesehatan mental lainnya.
  • Seng, yang berfungsi untuk membangun komunikasi antar sel saraf, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.
  • Asam lemak omega 3, yang dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak.
Disqus Comments