Thursday, August 29, 2019

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung


Yoga untuk Jantung Koroner. Olahraga yoga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi yang membuat seseorang merasa lebih tenang, sehingga dapat menghilangkan penat dan lelah baik secara fisik maupun mental. Namun, selain itu beberapa penelitian juga menunjukan bahwa melakukan yoga secara rutin juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Kebiasaan merokok, kolesterol, dan tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari penyakit jantung. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit jantung diperlukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, serta olahraga dan meditasi.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut beberapa ahli, yoga dapat digunakan sebagai cara untuk memperbaiki kesehatan jantung dan juga sebagai upaya pencegahan dari penyakit tersebut.

Olahraga yoga merupakan bentuk latihan fisik yang dilakukan dengan cara menekan napas, memfokuskan tubuh pada titik tertentu, dan meditasi. Selain dapat membantu menenangkan fikiran dan emosi, olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, serta memperbaiki fungsi pernapasan dan denyut jantung. Yoga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, dan membangun otot. Hal ini tentu saja akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga : Perawatan Penyakit Jantung Bawaan

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung :

  • Big Toe Pose (Padangusthasana)


Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan membuka kaki hingga selebar pinggul, lalu letakkan tangan di pinggul. Tarik napas perlahan-lahan, lalu hembuskan napas ke depan untuk meraih jari kaki besar Anda. Tekuk lutut Anda sedikit apabila paha belakang tegang, dan biarkan kepala dan leher untuk tetap rileks.

  • Janu Sirsana


Gerakan ini diawali dalam posisi duduk, kemudian luruskan kaki kedepan dan tekuk lutut kanan ke arah luar hingga membentuk sudut 90 derajat. Tekan telapak kaki kanan Anda ke paha kiri bagian dalam. Kemudian, bungkukkan badan Anda hingga kedua tangan menyentuh telapak kaki kiri. Atur napas Anda, lalu tarik jari-jari kaki ke arah Anda. Tahan posisi ini selama 5-10 siklus napas, dan lakukan pada sisi lainnya.

  • Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

Untuk memulai gerakan ini, baringkan tubuh Anda secara telentang, kemudian tekuk lutu kaki di lantai hingga selebar pinggul. Kemudian, posisikan kaki Anda sedekat mungkin dengan tulang duduk. Tairik napas perlahan-lahan, lalu tekan kaki dan lengan ke lantai dan angkat pinggul Anda keatas.

Genggam kedua tangan, lalu ayunkan ke bahu dan tekan kelantai dengan lengan dan kaki. Kemusian, buka dada sehingga mencapai bagian depan kaki dan panggul ke arah langit. Tahan posisi ini selama 5-10 siklus pernapasan, dan ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 kali.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments