Wednesday, August 21, 2019

Gejala Awal Penyakit Jantung


Tanda Sakit Jantung. Penyakit jantung merupakan suatu kondisi yang menggambarkan bahwa ada masalah kesehatan yang terjadi pada jantung Anda. Secara tidak langsung, kondisi ini hanya mengacu pada serangkaian masalah yang menyerang jantung saja.

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang sering dianggap sama. Diantaranya adalah :

  • Cacat jantung Bawaan, yaitu penyakit cacat jantung yang sudah ada sejak lahir.
  • Aritmia, yaitu penyakit jantung yang ditandai dengan ritme dan detak jantung yang tidak teratur. Detak jantung bisa jadi terlalu cepat (tachycardia), terlalu lambat (bradycardia), tidak teratur (fibrilasi), atau terlalu awal (kontraksi prematur).
  • Lemah Jantung (Kardiomiopati), yaitu penyakit jantung dimana keadaan jantung melemah sehingga sulit untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini menyebabkan otot-otot jantung menebal dan melebar.
  • Penyakit Jantung Koroner, yaitu suatu kondisi dimana arteri koroner pada jantung menyempit akibat adalanya penumpukan plak. Hal ini menyebabkan nutrisi dan oksigen yang diperoleh jantung akan lebih sedikit.
  • Gagal Jantung, yaitu kondisi yang menggambarkan bahwa jantung tidak dapat berfungsi dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini terjadi akibat aliran darah menuju jantung melambat karena kekurangan darah.

Agar dapat segera mengatasi penyakit jantung, penting bagi Anda untuk mengenal tanda atau ciri-ciri penyakit jantung, yang antara lain adalah :

  • Nyeri Dada

Nyeri dada (angina) merupakan gejala penyakit jantung yang tidak bisa diabaikan, karena mengakibatkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada dada. Gejala ini dapat terjadi ketika otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya akan oksigen.

  • Sesak Napas

Selain nyeri dada, sesak napas juga bisa menjadi salah satu dari tanda-tanda penyakit jantung yang paling umum. Hal ini disebabkan karena, fungsi jantung yang tidak normal akan berdampak pada aliran darah. Aliran darah yang kurang lancar ini dapat membuat Anda sesak napas akibat kekurangan oksigen.

  • Detak Jantung tidak Teratur

Detak jantung yang tidak teratur (palpitasi) merupakan gejala yang sangat umum, sekaligus merupakan gejala awal penyakit jantung. Gejala ini dapat membuat seseorang merasakan bahwa jantungnya berhenti sebentar, namun kemudian akan dilanjutkan dengan ritme yang lebih kencang.

  • Pingsan Tiba-Tiba

Pingsan atau kehilangan kesadaran secara tiba-tiba termasuk salah satu gejala penyakit jantung yang sering kali dialami. Pada dasarnya, pingsan tidak menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Namun, apabila kondisi ini disertai dengan gejala yang tidak normal, maka dapat menjadi suatu pertanda serius. Maka dari itu, untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.


Disqus Comments