Sunday, August 11, 2019

Penyebab Zat Gizi Sangat Dibutuhkan Tubuh


Penyebab Zat Gizi sangat Dibutuhkan Tubuh. Baik secara disadari maupun tidak disadari, tujuan utama Anda mengonsumsi makanan atau minuman adalah untuk mendapatkan zat gizi yang terkandung di dalamnya agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Pada dasarnya, ada dua jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni zat gizi mikro dan zar gizi makro. Lalu apa perbedaan antara dua jenis zat gizi tersebut? Zat gizi manakah yang lebih dibutuhkan oleh tubuh? Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan zat gizi makro dan mikro.

  • Perbedaan Zat Gizi Makro dan Zat Gizi Mikro

Pada dasarnya, Zat gizi makro merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang lebih besar. Sedangkan, zat gizi mikro merupakan kebalikannya, dimana Ia dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit oleh tubuh. Tak hanya itu, masih ada beberapa perbedaan zat gizi makro dan mikro. Namun, kedua zat gizi ini sama-sama dibutuhkan oleh tubuh, seperti sumber makanan yang berbeda, fungsi, dan cara kerja di dalam tubuh.


  • Peranan Zat Gizi Makro dan Zat Gizi Mikro di Dalam Tubuh



Zat gizi makro merupakan zat kimia yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjalankan fungsi tubuh. Zat gizi makro atau makronutrien memiliki peran yang besar dalam membentuk energi dan seluruh proses metabolisme di dalam tubuh. Sedangkan zat gizi mikro memiliki peran untuk menjaga fungsi tubuh dan juga pertumbuhan. Selain itu, zat gizi mikro cenderung berperan sebagai zat yang berguna untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Sementara itu, dalam hal menghasilkan energi ataupun proses metabolisme, zat gizi mikro berperan sebagai kofaktor pengikat, serta menjadi alat bantu dalam proses tersebut.


  • Fungsi Zat Gizi Makro dan  Zat Gizi Mikro



Pada dasarnya zat gizi berperan penting dalam menunjang fungsi tubuh agar berjalan dengan baik dan mencegah datangnya penyakit. Namun, yang membedakan antara zat gizi makro dan zat gizi mikro adalah cara kerja dalam mempertahankan fungsi tersebut. Fungsi zat gizi makro lebih fokus dalam produksi energi di dalam tubuh. Sementara zat gizi mikro menjadi bahan dasar yang dijadikan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Energi ini kemudian akan digunakan untuk melakukan kegiatan di dalam tubuh dan juga proses biologi tubuh yang memerlukan energi.

Baca Juga : Khasiat Buah Naga Ungu untuk Kesehatan

Fungsi zat gizi makro diantaranya adalah :

  • Membangun otot
  • Membangun atau memperbaiki jaringan yang rusak
  • Sebagai sumber energi utama (karbohidrat) dan cadangan (lemak)
  • Menjaga jumlah sel dalam tubuh
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Berperan dalam pembuatan hormon dan enzim
  • Menjaga suhu tubuh agar tetap normal
Sementara itu, zat gizi mikro berfungsi untuk mensistem hormon dan enzim, serta menjaga seluruh organ dan indera pada tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, seperti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

Disqus Comments