Tuesday, August 13, 2019

Penyebab Ulu Hati Terasa Nyeri


Penyebab Ulu Hati Terasa Nyeri. Sakit pada ulu hati bisa disebut dengan "epigastrum", yang menjadi bagian dari 9 pembagian lokasi di perut. Ulu hati berada di antara ujung tulang dada bagian bawah dan dibawah lengkung tulang iga. Sakit yang dirasakan oleh bagian tersebut, disebut juga dengan epigastric pain. Terdapat beberapa orang yang mengalami kondisi ini, akan tetapi tidak mengetahui apa penyababnya. Sakit ulu hati yang bahkan dapat menyebar ke bagian tubuh lain dapat disebabkan oleh beberapa hal. Simak ulasan di bawah ini. 

Berikut ini penyebab sakit ulu hati yang perlu Anda ketahui :

  • Kram Otot


Kram otot merupakan suatu kondisi dimana terjadinya tarikan pada otot, ligamen atau tendon yang disebabkan oleh regangan berlebihan yang terjadi secara mendadak dan dalam waktu yang singkat, serta menimbulkan rasa sakit. Kram otot juga menjadi salah satu penyebab sakit ulu hati sampai ke punggung. Hal tersebut biasanya terjadi setelah makan, tepatnya ketika darah mengalir menuju saluran pencernaan. 

Selain itu, kram otot juga terjadi akibat melakukan aktivitas yang berlebihan serta kesalahan posisi, baik itu posisi tidur maupun posisi ketika beraktivitas. Faktor pekerjaan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kram otot.

  • Asam Lambung Naik


Asam lambung naik dapat mengakibatkan rasa sakit pada ulu hati. Kondisi tersebut, biasanya juga disertai dengan kondisi lainnya, seperti mual, muntah, perut kembung dan sendawa, Rasa sakit pada ulu hati yang ditimbulkan oleh naiknya asam lambung ini bahkan dapat menyebar ke atas dada hingga punggung.

Baca Juga : Penyebab Asam Lambung Naik saat Hamil

  • Pankreatitis


Pankreatitis atau yang juga dikenal dengan radang pankreas dapat menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati. Rasa nyeri ini juga disertai dengan gejala lain, spserti mual-mual, muntah,kram perut, hingga perubahan warna kulit di area pusar atau pinggang. Penyakit ini bisa menjadi kronis sehingga terjadi penurunan berat badan berat badan dan menyebabkan tinja berbau lebih menyengat dari biasanya.

  • Dispepsida


Dispepsida merupakan suatu kondisi yang menyebabkan timbulnya beberapa gejala berupa nyeri, seperti perasaan tidak nyaman pada perut bagian atas, perut kembung, begah. Gejala lainnya, seperti cepat kenyang, sendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah, keringat dingin, sakit kepala,  hingga dada terasa panas. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut tentunya mengakibatkan rasa sakit jika mengenai zat asam lambung. Rasa sakit tersebut juga dapat dirasakan di ulu hati dan menyebar ke punggung, dada hingga pusar.

https://lingshenyao.id/makanan-untuk-penderita-kanker/
Disqus Comments