Tuesday, August 27, 2019

Daftar Minuman Sehat untuk Anak


Asupan makanan memang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk anak-anak balita. Namun selain makanan, asupan minuman sehat untuk anak pun juga harus diperhatikan. Pasalnya, anak-anak membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuhnya lemas. Anak usia balita setidaknya membutuhkan asupan cairan sebanyak 6 gelas setiap hari. Namun, apabila aktivitas yang dilakukan anak cukup padat, maka Anda harus memastikan bahwa anak mengonsumsi cairan lebih dari biasanya, untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Berikut ini beberapa minuman sehat untuk anak yang perlu Anda ketahui :

  • Air Putih


Air putih merupakan minuman terbaik dan yang paling sehat bagi semua orang di setiap kalangan, termasuk anak-anak. Maka dari itu, penting bagi para orang tua untuk memberikan anak air putih sesuai dengan kebutuhan beraktivitas, berat badan dan juga cuaca. Jika anak cenderung tidak menyukai air putih, maka Anda dapat menambahkan potongan buah stroberi atau mendekorasinya sedemikian rupa untuk menarik minat anak agar mau minum air putih.

  • Susu


Selain air putih, minuman sehat untuk anak yang lainnya adalah susu. Susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Anda dapat memberikan asupan susu yang pas untuk anak sesuai dengan usianya. Namun, jika anak memiliki alergi terhadap susu sapi, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan susu kedelai.

Baca Juga : Penyebab Sariawan Disertai Demam pada Anak

Lalu bagaimana dengan susu rendah lemak? Akan lebih baik jika susu rendah lemak diberikan pada anak berusia diatas 2 tahun. Namun, apabila dalam keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau jantung, maka sebaiknya beri susu yang rendah lemak pada anak. Namun akan lebih baik lagi jika Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

  • Air Kelapa


Air kelapa juga merupakan minuman sehat yang dapat Anda berikan pada anak. Pasalnya, selain memiliki rasa yang nikmat dan segar, air kelapa adalah minuman penambah energi yang alami untuk tubuh. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada air kelapa pun cukup lengkap, seperti  vitamin B6, vitamin C, kalium, natrium, magnesium, asam amino, gula, dan antioksidan, sehingga dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh anak.

  • Jus Buah


Jus buah juga merupakan minuman sehat untuk anak. Namun, berilah anak jus buah yang 100 persen terbuat dari buah segar, bukan jus dalam kemasan yang banyak dijual di pasaran. Pasalnya, jus dalam kemasan mengandung gula yang tinggi dan dapat menyebabkan obesitas pada anak. Akan lebih baik juga apabila Anda tidak menambahkan gula pada jus buah yang Anda buat.

https://lingshenyao.id/jual-obat-herbal/
Disqus Comments