Wednesday, August 28, 2019

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?


Durian merupakan buah yang memiliki aroma manyengat dan kulit berduri, namun rasanya sungguh nikmat dan menggugah selera. Buah yang memiliki julukan 'raja buah' ini tumbuh di negara tropis, seperti di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Buah ini bahkan tak jarang menjadi hal yang diinginkan Ibu hamil saat mengidam. Lantas apakah Ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi durian? Apa manfaat durian untuk Ibu hamil? Simak jawabannya dalam ulasan berikut.

Beberapa negara di Asia meyakini bahwa buah durian dapat menyebabkan panas dalam tubuh dan dapat berpengaruh terhadap janin yang berada di dalam kandungan. Namun tidak ada bukti ilmiah mengenai pernyataan tersebut. Pasalnya durian sendiri merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi.

Jadi, apakah Ibu hamil boleh mengonsumsi durian? Jawabannya, tentu saja boleh! Durian memiliki kandungan vitamin, mineral, serta juga organo-sulfur dan triptofan yang memiliki sifat antioksidan, sehingga bermanfaat untuk Ibu hamil. Sifat anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-mikroba yang dimiliki buah ini sangat aman bagi wanita selama masa kehamilannya. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat berdampak buruk. Akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian, terutama jika Anda baru pertama kali mencobanya.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah durian bagi Ibu hamil :

  • Sumber Asam Folat yang Baik


Asam folat merupakan salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Salah satu buah yang kaya akan kandungan asam folat adalah durian. Dalam 100 gram durian, dapat memasok 9 persen kebutuhan asam folat untuk Ibu hamil. Kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

  • Kaya akan Vitamin B


Buah durian memiliki kandungan vitamin B kompleks yang sehat, seperti riboflavin, niacin, dan thiamin. Semua zat ini dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh Anda, terutama bagi wanita yang berada dalam masa kehamilan.

  • Kaya akan Vitamin C


Selain vitamin B, durian juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Ibu hamil. Vitamin C juga berguna dalam membantu penyerapan kalsium dan zat besi yang berguna untuk pertumbuhan tulang janin.

Baca Juga : Macam-Macam Kandungan Buah Mangga untuk Ibu Hamil

  • Memiliki Kandungan Mineral


Selai mengandung vitamin, durian juga memiliki kandungan mineral seperti mangan, besi, magnesium, dan tembaga. Zat besi dan tembaga dapat membantu memproduksi sel darah merah. Hal ini berguna bagi Ibu hamil yang membutuhkan suplai darah lebih banyak untuk mendukung tumbuh kembang janin.

  • Kaya akan Serat


Durian merupakan sumber serat yang baik. Hal ini dapat membantu mencegah serta mengatasi sembelit yang kerap terjadi selama masa kehamilan akibat perubahan hormonal.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-rahim/
Disqus Comments