Monday, August 5, 2019

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan


Manfaat Bawang Merah untuk Kolesterol. Hampir semua makanan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai salah satu bahan rempah yang menambah cita rasa pada makanan. Bawang merah merupakan bumbu masakan yang selalu ada di dapur. Tak hanaya membuat rasa makanan menjadi lebih sedap dan beraroma harum, ternyata bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

Sebelum mengetahui beragam manfaat bawang merah bagi kesehatan, ada baiknya jika Anda mengetahui kandungan gizi yang ada didalamnya. Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada bawang merah :

  • Kalori yang rendah.
  • Zat gizi makro (karbohidrat dan air), dan tidak memiliki kandungan lemak sama sekali.
  • Vitamin B6 dan vitamin C yang tinggi.
  • Kromium.
  • Indeks glikemik yang rendah, yaitu hanya mencapai 10.
Dengan kandungan gizi yang dimilikinya, berikut ini manfaat bawang merah yang perlu Anda ketahui :

  • Menurunkan Kolesterol

Sebuah jurnal menyebutkan bahwa bawang merah bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi yang dilakukan pada hewan ini, menunjukan bahwa diet dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


Selain itu, para ahli pun percaya bahwa penurunan kolesterol ini terjadi akibat kandungan antioksidan dan zat bioaktif lainnya pada bawang merah yang dapat menurunkan jumlah lemak total dalam tubuh secara efektif.

  • Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes melitus. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi juga merupakan sumber dari segala penyakit kronis. Untuk membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal, Anda dapat mengonsumsi bawang merah ataupun makanan yang banyak mengandung bawang merah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang merah mampu untuk menunkan kadar gula darah.

Para ahli menyimpulkan bahwa bawang merah memang mampu membantu meningkatkan kadar insulin dan proses glikolisis pada penderita diabetes, sehingga kadar gula darah menurun.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bawang merah memiliki kandungan zat quercetin yang cukup tinggi, dimana zat tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi berisiko mengalami penyakit berbagai degeneratif, seperti gagal ginjal, diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan stroke.

Disqus Comments