Thursday, August 1, 2019

Kandungan Menakjubkan dari ASI Eksklusif


Kandungan ASI ekslusif terdiri dari perpaduan sempurna yang memang dibutuhkan oleh bayi, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, kandungan ASI juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh bayi dibandingkan dengan susu sapi atau susu formula. Maka dari itu, tak ada makanan lain yang sempurna dan lebih bermanfaat untuk bayi, selain ASI.

ASI terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, enzim, dan zat antibodi, yang merupakan nutrisi penting bagi bayi untuk tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, ASI juga merupakan asupan yang dapat melindungi bayi dari berbagai serangan penyakit. seperti diare, ISPA, asma, pneumonia, diabetes, dan obesitas.

Hal yang tak kalah mengagumkan dari ASI adalah, bahwa cairan ini bisa menyesuaikan kandungannya terhadap kebutuhan bayi. Kandungan ASI yang terdapat pada Ibu yang melahirkan bayi pada usia kehamilan normal (9 bulan) akan berbeda kandungannya dengan ASI pada Ibu yang melahiran bayi secara prematur. Seiring berjalannya waktu, kandungan ASI pun akan berubah sesuai dengan pertambahan usia bayi. Selain itu, nutrisinya pun akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi pada setiap tahap tumbuh kembangnya.

Kandungan pada ASI yang dikeluarkan setiap awal sesi menyusui, biasanya kaya akan air dan laktosa. Sedangkan pada sesi akhir menyusui, kandungan ASI akan didominasi oleh lemak dan kalori.

Selain itu, ASI juga memiliki kandungan sel darah putih dan zat yang berfungsi untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi, seperti imunoglobulin dan lysozim, yang tentunya memiliki komposisi sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi

Berikut ini beberapa komponen yang terdapat dalam ASI :


  • Karbohidrat



Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam ASI berupa laktosa yang dapat membantu mengurangi kadar bakteri jahat di perut. Nutrisi ini juga berperan dalam penyerapan fosfor, magnesium, dan kalsium.


  • Protein



Protein yang terdapat dalam ASI, umumnya terdiri dari 60 persen protein whey dan 40 persen kasein. Kedua zat tersebut harus seimbang agar lebih mudah diserap oleh tubuh dan memberikan efek perlindungan terhadap infeksi. Sedangkan protein pada susu formula lebih banyak mengandung kasein, sehingga lebih sulit untuk dicerna.


  • Lemak



Lemak juga merupakan kandungan penting yang dapat membantu proses peyerapan vitamin tertentu, serta sebagai sumber utama kalori. Selain itu, lemak juga berperan penting dalam mendukung perkembangan otak, retina, serta sistem saraf.


  • Vitamin



ASI memiliki banyak kandungan vitamin yang penting untuk pertumbuhan bayi. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, niasin, dan riboflavin.


  • Mineral



ASI juga kaya akan kandungan mineral, seperti zinc, zat besi, kalsium, magnesium, selenium, natrium, dan klorida. Semua mineral ini memiliki peran penting dapam menunjang tumbuh kembang bayi, serta mendukung penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

https://lingshenyao.id/pengobatan-tumor-otak/
Disqus Comments