Thursday, August 8, 2019

Penyebab Susah Buang Angin dan Cara Mengatasinya


Cara Mengeluarkan Kentut dengan Cepat. Buang angin atau kentut merupakan proses alami yang dilakukan oleh tubuh untuk membuang gas-gas yang menumpuk di dalam perut. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam membuang gas-gas yang menumpuk tersebut, karena berbagai masalaha. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di perut. Lantas apa saja hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk kentut? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Penyebab Sulit Buang Angin

Anda mungkin pernah atau bahkan sering menahan kentut karena sedang berda di tempat yang ramai. Padahal, kebiasaan menaha kentut dapat menyebabkan penumpukan gas pada saluran peencernaan. Selain itu, kebiasaan mengunyah permen karet, meminum minuman bersoda, dan merokok juga akan memperparah penumpukan gas di perut. Hal ini lama kelamaan akan menimbulkan sensasi panas dan perut kembung.

Maka dari itu, sebaiknya Anda jangan membiasakan diri untuk menahan kentut, sebab gas yang menumpuk di saluran pencernaan harus segera dikeluarkan baik dengan cara sendawa maupun kentut, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya. Namun jika Anda mengalami kesulitan untuk kentut, maka bisa jadi Anda mengalami masalah pada saluran pencernaan Anda.

Seseorang yang kesulitan buang angin dapat disebabkan karena adanya masalah obstruksi perut. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan usus yang disebabkan oleh tinja, benda asing dari luar, atau kanker. Selain susah kentut, gejala lain dari obstruksi usus adalah hilangnya nafsu makan, mual, muntah, diare, kram dan sakit perut.

Cara Mengatasi Sulit Buang Angin

Jika Anda mengalami kesulitan dalam buang angin, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat mengetahui penyebab pasti dan cara mengatasinya. Selain itu, Anda juga dapat mencoba cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi susah kentut yang Anda alami.

Pertama-tama, cobalah untuk mengusap perut Anda dengan gerakan searah dengan jarum jam selama beberapa saat. Hal ini berguna utuk mengurangi kram dan kembung di perut akibat susah kentut.

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah kesulitan buang angin :
  • Latihan yoga.
  • Konsumsi sayuran tinggi serat, seperti asparagus, kubis, dan brokoli.
  • Konsumsi kacang-kacangan, seperti kacang polong.
  • Konsumsi buah-buahan ataupun jus buah.
  • Konsumsi produk olahan susu, seperti es krim, keju, dan yogurt.
  • Konsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan gandum utuh.
Disqus Comments