Monday, August 19, 2019

Bahaya Tersedak Apabila tidak Segera Diatasi

Bahaya Tersedak Madu. Tersedak dapat terjadi ketika ada makanan, cairan, atau benda asing lainnya yang menghambat saluran pernapasan atau aliran udara di tenggorokan. Dalam beberapa kasus, tersedak dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penanganan pertama yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan orang yang tersedak.
Tersedak pada dasarnya lebih sering menimpa bayi dan anak-anak, sebab mereka cenderung suka memasukan berbagai macam benda atau makanan kedalam mulut. Sedangkan pada orang dewasa, tersedak biasanya terjadinya akibat mekan atau minum dengan tergesa-gesa.
Dalam kasus biasa, tersedak kemungkinan hanya akan membuat seseorang merasa ada yang mengganjal di tenggorokannya. Pada kondisi ini, orang yang tersedak akan terbatuk untuk menghilangkan hal yang menyumbat tenggorokan. Anda juga dapat meminta orang yang tersedak untuk memuntahkan benda yang menyubat saluran pernapasannya.
Namun dalam kondisi yang lebih parah, tersedak dapat menyebabkan penderita mengalami kesulitan berbicara dan bernapas. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat membuat orang yang tersedak kekurangan oksigen hingga kehilangan kesadarannya.
Jika Anda menemukan kondisi tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama. Diantaranya adalah :
  • Memberikan Tepukan atau Pukulan di Belakang Punggung

Cara ini merupakan cara yang sering dilakukan ketika seseorang tersedak dengan cukup parah. Anda dapat meminta orang yang tersedak tersebut untuk mencondongkan tubuhnya kedepan, lalu berikan setidaknya lima pukulan dengan tumit tangan Anda diantara kedua tulang belikat nya. Ulangi pukulan ini hingga benda asing yang menyumbat tenggorokan keluar.
  • Menggunakan Teknik Abdominal Thrusts

Teknik Abdominal Thrusts biasanya disebut juga Heimlich maneuver. Cara ini dilakukan dengan caramenekan area ulu hati secara kuat hingga benda asing yang menyumbat tenggorokan keluar.
Pertama-tama Anda harus memposisikan diri Anda di belakang orang yang tersedak, lalu lingkarkan kedua tangan Anda di sekeliling pinggangnya dan peluk dengan erat. Setelah itu, kepalkan salah satu tangan Anda tepat di atas ulu hati, kemudian tarik kencang kepalan tangan tersebut dengan tangan satunya hingga menekan ulu hari sekuat mungkin. Lakukan cara ini sebanyak lima kali, hingga benda asing yang menyumbat keluar dari jalan tenggorokan.

Penanganan Khusus untuk Menolong Bayi

Cara menolong bayi yang tersedak tentunya tidak sama dengan menolong orang dewasa yang tersedak. Olesh sebab itu, cara diatas jangan sampai dilakukan pada bayi.
Hal pertama yang harus dilakukan saat bayi tersedak adalah meletakkan bayi dalam posisi tengkurap di pangkuan Anda, dengan posisi kepala yang lebih rendah dari tubuh. Kemudian tahan kepala bayi dengan menyangga kedua pipinya untuk memastikan jalur pernapasan terbuka. Setelah itu, berikan lima tepukan lembut namun tegas di antara kedua tulang belikat bayi. Pastikan apakah benda yang menyumbat tenggorokan sudah keluar.
Disqus Comments