Monday, August 19, 2019

5 Efek bila tubuh kekurangan karbohidrat



Ketika berbicara tentang karbohidrat pasti ada kaitannya dengan program diet.

ya, betul... Itu salah satunya

Banyak orang yang malah dengan sengaja mengurangi asupan karbohidratnya dengan alasan agar tidak gemuk. Padahal cara tersebut seharusnya tidak boleh, sebab tubuh yang kekurangan karbohidrat itu tidak lah bagus.

Nah, lebih baik anda kenali dulu efek yang terjadi bila tubuh kekurangan karbohidrat :

1. Mual

Mengurangi asupan karbohidrat secara secara drastis hingga kurang dari 50 gram sehari dapat menyebabkan ketosis. Ketosis merupakan keton dalam tubuh ini akan memicu rasa mual, sakit kepala, bau mulut, hingga kehilangan kesadaran.

2. Sembelit

Tubuh yang kekurangan karbohidrat sehat biasanya menunjukkan gejala sembelit atau susah buang air besar akibat kekurangan serat secara bersamaan.

3. Sakit kepala

Sakit kepala ini terjadi akibat perut yang mual. Seperti yang sudah dijelaskan di point pertama, bahwa ini terjadi akibat adanya ketin pada tubuh anda.

4. Kekurangan gizi

Sumber karbohidrat terbesar yakni anda sayuran dan buah-buahan. Ketika Anda jarang makan buah dan sayuran tinggi karbohidrat, Anda berisiko mengalami kekurangan gizi.

5. Lemas

Karbohidrat itu digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar atau energi. Jadi ketika anda kekurangan karbohidrat maka tubuh pun akan merasa lelah, lemas karena tidak ada tenaga yang tubuh dapatkan.

Jadi, memang tidak ada salahnya jika anda ingin menguragi asupan karbohidrat. Namun yang terpenting, tubuh orang dewasa itu harus menerima asupan karbohidrat sekitar 300-400 gram setiap harinya.

Baca juga : Bagaimana Mengobati Penyakit Asam Lambung Yang Aman

Disqus Comments