Thursday, July 18, 2019

Perawatan Penyakit Jantung Bawaan


Penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya kelainan pada struktur jantung yang dialami sejak lahir. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada aliran darah dari dan menuju jantung. Penyakit ini bisa jadi tergolong ringan ataupun kompleks, sehingga dapat mengancam nyawa pengidapnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara perawatan penyakit jantung bawaan.

Pengidap penyakit jantung bawaan disarankan untuk selalu memeriksa kondisi jantungnya secara rutin, meski penyakit ini pernah diobati saat masih kecil. Hal ini dilakukan guna mendeteksi jika terdapat suatu gejala atau tanda-tanda yang membahayakan kondisi jantung.


Penyebab Penyakit Jantung Bawaan


Penyakit jantung bawaan disebabkan karena adanya gangguan pada proses pembentukan dan perkembangan jantung ketika janin berada di dalam kandungan.

Pada dasarnya, struktur jantung mausia terbagi menjadi 4 ruang, yakni 2 serambi jantung (atrium) dan 2 bilik jantung (ventrikel), yang masing-masing terdiri dari kanan dan kiri. Atrium dan ventrikel kanan berfungsi untuk menerima darah dari seluruh tubuh dan memompa darah ke paru-paru, Setelah itu darah akan kembali ke jantung melalui atrium dan ventrikel kiri. Kemudian, ventrikel kiri akan memompa darah yang memiliki kadar oksigen tinggi ke seluruh tubuh melalui aorta.

Bagi pengidap penyakit jantung bawaan, proses pemutaran darah diatas dapat terganggu akibat adanya struktur jantung yang tidak normal, termasuk struktur katup, arteri, ruang jantung, dan septum (dinding yang memisahkan ruang jantung).

Sejauh ini belum ada penyebab pasti dari gangguan pembentukan jantung tersebut, khususnya pada minggu ke-5 dalam masa kehamilan, ataupun pada saat proses pembentukan jantung terjadi.


Perawatan Penyakut Jantung Bawaan


Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan jantung :


  • Olahraga secara Teratur


Olahraga memang terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, termasuk menurunkan risiko berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit serius seperti penyakit jantung. Maka dari itu, mulailah untuk melakukan kegiatan olahraga secara teratur khususnya bagi Anda yang menderita penyakit jantung bawaan. Pastikan bahwa tubuh Anda aktif dalam bergerak.

Baca Juga : Olahraga Mudah untuk Penderita Diabetes


  • Mengonsumsi Makanan Sehat


Mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi dapat merusak tubuh kita apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi jantung dan ginjal, sehingga dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko terjadinya stroke.


  • Tidur Cukup


Tidur yang cukup merupakan hal yang penting bagi kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Kurang tidur dapat memicu gaya hidup yang kurang sehat, sehingga dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai macam penyakit.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments