Tuesday, July 9, 2019

Ini Dia Penyebab Penyakit Sipilis yang Perlu Anda Ketahui


Sipilis atau raja singa merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidium. Sipilis merupakan salah satu infeksi yang dapat menular. Infeksi ini biasanya menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, baik berbektuk seks anal, vaginal, maupun oral. Tak hanya melalui hubungan seksual saja, bakteri penyebab penyakit sipilis juga dapat menyebar melalui transfusi darah, berbagi jarum suntik, maupun alat untuk membuat tato, dari orang lain yang terinfeksi.

Penularan sipilis juga dapat menular dari Ibu hamil kepada bayi yang berada di dalam kandungannya. Kondisi seperti ini disebut juga dengan sipilis kongenital. Bahkan, kematian janin di dalam kandungan dapat disebabkan oleh infeksi tersebut.

Meskipun begitu, bakteri penyebab sipilis tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia, sehingga penyakit ini tidak dapat ditularkan dengan cara-cara berikut :

  • Penggunaan toilet yang sama dengan penderita sipilis.
  • Menggunakan pakaian penderita sipilis.
  • Berbagi makanan dengan penderita sipilis.
  • Berbagi kamar mandi atau kolam renang yang sama dengan penderita sipilis.
Penyakit sipilis memiliki beberapa tahapan utama, yaitu :
  • Tahapan Primer, dimana pada tahapan ini terdapat luka seperti gigitan serangga, tetapi tidak menimulkan rasa sakit.
  • Tahapan Sekunder, dimana pada tahap ini penderita mengalami ruam merah seukuran koin kecil, yang biasanya terdapat pada telapak tangan atau telapak kaki.
  • Tahap Laten, pada tahap ini sifilis seolah menghilang dan tidak menimbulkan gejala apapun.
  • Tahap Tersier, ini merupakan tahap terakhir yang dapat memberi dampak serius bagi kesehatan tubuh.

Penyebab Penyakit Sipilis

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penyakit sipilis disebabkan oleh  bakteri Treponema pallidium, yang biasanya terjadi akibat adanya kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi. 

Penderita HIV akan lebih tinggi risiko terkena infeksi bakteri penyebab sipilis. Jika Anda pernah tertular penyakit ini, bukan berarti Anda menjadi kebal terhadap infeksi sejenis. Anda bisa terkena infeksi ini lagi dan lagi.

Pemeriksaan yang Biasanya Dilakukan untuk Pasien Sipilis

Pada pemeriksaan penyakit sipilis ini, dokter dapat membuat diagnosis berdasarkan catan medis dan pemeriksaan tubuh pasien. Pemeriksaan tubuh tersebut meliputi organ seks, anus, dan mulut. Apabila terdapat tanda-tanda penyakit, irisan jaringan ataupun cairan penyakit, maka akan segera diteliti untuk mengetahui jenis bakteri yang ditemukan menggunakan mikrosop lapang gelap (dark-filed microscope). Tak hanya itu, bahkan dokter juga akan menguji pasangan seksual Anda.


Pengobatan Penyakit Sipilis


Pengobatan sipilis sendiri sangat mudah untuk dilakukan, yaitu cukup dengan menggunakan antibiotik berupa suntikan penisilin. Jika sipilis tidak diobati, maka bisa berakibat pada munculnya penyakit berbahaya hingga kematian.

Selain itu, penderita sipilis yang sedang dalam masa pengobatan harus menghindari hubungan seksual hingga infeksi yang diderita sembuh total.

Disqus Comments