Thursday, July 18, 2019

Penyebab Muntaber dan Cara Mengatasinya


Muntaber (gastroenteritis) atau muntah berak adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada saluran pencernaan, khususnya lambung, usus besar, dan usus kecil.
Penyebab muntaber yang paling umum adalah akibat peradangan pada usus yang disebabkan oleh virus, parasit (protozoa, jamur, cacing) dan bakteri (bakteri E. Coli), sehingga menyebabkan infeksi pada usus. Selain itu, muntaber juga dapat disebabkan akibat keracuanan makanan atau minuman hingga kurangnya asupan gizi yang baik.

Kondisi ini berhubungan dengan gejala diare berair, kram perut, serta mual dan muntah. Gejala muntaber terkadang juga disertai dengan perut kembung, demam, sakit kepala, menggigil dan kelelahan. Gejala-gejala tersebut biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari, tetapi dalam kasus tertentu bisa terjadi hingga seminggu. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab pengobatan muntaber dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Diare

Berikut ini cara penanganan muntaber yang dapat Anda lakukan di rumah :

Banyak Minum Air Putih


Salah satu cara untuk mengatasi muntaber adalah dengan mengonsumsi cairan, yaitu air putih. Hal ini disebabkan karena, tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat, muntah, dan buang air yang terjadi terus-menerus ketika Anda mengalami muntaber. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan cairan ketika muntaber, baik melalui minuman maupun makanan.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Makanan yang kaya akan karbohidrat dapat membantu meradakan gejala muntaber yang Anda alami. Konsumsilah makanan seperti buah pisang, apel, nasi putih atau bubur untuk mendapatkan asupan karbohidrat.

Istirahat Cukup


Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara ampuh yang dapat meredakan rasa sakit pada tubuh, termasuk saat Anda mengalami muntaber. Hal ini disebabkan karena, saat beristirahat tubuh Anda akan bekerja secara maksimal untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan pada tingkat sel kekebalan tubuh Anda. Saat mengalami muntaber, sebaiknya Anda istirahat yang cukup dalam beberapa hari hingga stamina dan tenaga Anda kembali normal seperti semula.

Minum Obat


Selain cara-cara diatas, Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan untuk muntaber yang dijual di apotek. Berikut ini beberapa obat muntaber yang dapat membantu meredakan mual dan diare Anda :

  • Acetaminophen yaitu salah satu obat yang sering disarankan untuk muntaber. Namun jika Anda memiliki riwayat penyakit liver, sebaiknya Anda tidak menggunakan obat ini. Acetaminophen dapat meredakan demam dan nyeri saat muntaber, serta tidak menimbulkan efek samping terlalu banyak.
  • Anda juga dapat mengonsumsi obat antiemetik seperti prometazinproklorperazinmetoklopramid, atau ondansetron yang berguna untuk menghenikan mual dan muntah.
  • Terakhir, Anda dapat mengonsumsi obat untuk meredakan gejala muntaber yang banyak dijual di apotek, seperti loperamide hydrochloride atau bismuth subsalicylate. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Disqus Comments