Wednesday, July 17, 2019

Lakukan Pencegahan terhadap Obesitas Sejak Dini


Pencegahan Obesitas. Kelebihan berat badan (obesitas) merupakan suatu masalah kesehatan yang saat ini sudah dianggap sebagai sebuah penyakit oleh berbagai lembaga kesehatan dunia. Pasalnya, obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai jenis penyakit kronis. Apabila kondisi ini tidak ditangani dengan cepat, maka seseorang dengan diabetes lebih berisiko mengalami penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, penyakit kantung empedu, kanker, hingga kelainan reproduktif berupa gangguan hormon, PCOS, dan infertilitas. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah obesitas adalah dengan meneraplan pola makan sehat.

Berikut ini pilihan bahan makanan yang cocok untuk mencegah atau mengatasi obesitas :


  • Karbohidrat



Karbohidrat merupakan salah satu bahan makanan yang penting bagi tubuh untuk mendapatkan energi. Untuk asupan karbohidrat sendiri, pilihlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti oats, gandum, roti gandum, nasi merah, kentang, dan quinoa yang kaya akan serat. Hindari bahan makanan karbohidrat yang mengandung gula sederhana.

Selain itu, konsumsi buah-buahan dan sayuran pun tak kalah penting agar tubuh terhindar dari masalah obesitas. Buah-buahan dan sayuran tak hanya mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, tetapi juga mengandung serat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga : Manfaat Kacang Hijau untuk Diet

  • Protein



Pada dasarnya terdapat dua jenis protein yang dapat Anda konsumsi, yakni protein hewani dan protein nabati. Protein nabati dapat Anda temukan pada makanan seperti tahu dan tempe, sedangkan protein hewani dapat Anda temukan pada ikan dan daging. Namun, protein yang terdapat pada hewan cenderung memiliki kadar lemak yang tinggi. Maka dari itu, pilihlah jenis protein hewani yang rendah lemak, seperti ikan dan daging ayam tanpa kulit.

Kurangi mengonsumsi daging merah, jeroan, dan makanan-makanan yang di olah melalui proses penggorengan agar terhindar dari kolesterol tinggi dan obesitas.


  • Lemak



Lemak dapat ditemukan pada berbagai jenis minyak. Maka dari itu, pilihlah minyak yang sehat seperti minyak canola, minyak zaitun, atau minyak alpukat.

Hindari makanan yang digoreng, sebab makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi, yang mana dapat menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh.

Selain memilih bahan makanan yang tepat, cara mencegah terjadinya obesitas yang tak kalah penting adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, dan membuat tubuh selalu aktif bergerak. Bermalas-malasan dan terlalu banyak duduk dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

https://lingshenyao.id/makanan-pencegah-kanker/
Disqus Comments