Sunday, July 21, 2019

Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Tubuh


Gerakan olahraga sit up memang diketahui untuk mengecilkan dan menrurangi lemak di perut. Namun selain itu, Anda juga perlu mengetahui manfaat sit up untuk pencernaanMeskipun mungkin Anda jarang mendengar bahwa melakukan sit up bisa mengatasi gangguan pencernaan, namun nyatanya sit up memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan fungsi pecernaan Anda.

Salah satu gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan sit up adalah perut kembung. Jika Anda mengalami tegang pada otot, maka cenderung mengalami perut kembung yang terasa penuh dengan gas. Dengang melakukan sit up, Anda dapat membantu meningkatkan otot perut dan melonggarkannya sehingga proses pengeluaran gas menjadi lebih mudah dan perut Anda pun tidak kembung lagi. 

Selain dapat mengatasi perut kembung, sit up juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Diantaranya adalah :


  • Meningkatkan Metabolisme



Metabolisme merupakan proses pengolahan segala zat dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika Anda memiliki metabolisme tubuh yang baik, maka kesehatan tubuh pun akan semakin baik. Nah, gerakan olahraga sit up sapat merangsang organ di dalam tubuh untuk meningkatkan sistem, sehingga metabolisme tubuh menjadi meningkat.


  • Melancarkan Peredaran Darah



Pada dasarnya, segala jenis olahraga sifatnya dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh, termasuk olahraga sit up. Jika Anda melakukan olahraga ini secara rutin, maka sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh akan semakin lancar, sehingga terhindar dari penggumpalan darah yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan.


  • Menjaga Postur Tubuh



Sit up sendiri pada dasarnya adalah teknik yang dapat menjaga postur tubuh agar tetap ideal.Maka dari itu, dengan melakukan sit up secara rutin lemak yang menumpuk di dalam tubuh, terutama perut akan hilang secara efektif.

Baca Juga : 5 Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan


  • Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular



Olahraga secara teratur, termasuk melakukan sit up sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat otot jantung. Jika Anda memiliki kondisi jantung yang kuat, maka Anda juga memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih baik, sehingga kinerja jantung dan paru-paru dalam memasok oksigen semakin baik dan meningkat.


  • Membantu Meredakan Nyeri Punggung



Pernahkah Anda merasakan sakit pada bagian punggung bawah? Sakit ini cenderung dikatakan sebagai sakit pinggang. Rasa sakit ini dapat muncul akibat sistem kerja otot yang tidak benar. Hal ini disebabkan karena, sistem otot bisa terlalu kaku sehingga akan terasa sakit jika tubuh melakukan aktivitas yang berat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk sit up selama 5-10 kali dalam sehari secara rutin.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments