Tuesday, July 23, 2019

Manfaat Konsumsi Ikan Lele bagi Ibu Hamil


Mungkin masih banyak yang meragukan dan bertanya-tanya mengenai manfaat ikan lele untuk Ibu hamil. Apakah konsumsi ikan lele sangat baik untuk kesehatan Ibu hamil? Apa saja nutrisi yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan lele? Simak jawabannya dalam ulasan berikut.

Lele adalah ikan yang hidup di air tawar, dan dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran degan harga yang cukup terjangkau. Ikan ini memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui, terutama untuk pertumbuhan janin pada Ibu hamil dan balita.

Dalam 100 gram ikan lele terdapat 240 kkal kalori, 8,45 gram karbohidrat, 14,5 gram lemak, 69 mg kolesterol, 17,57 gram protein, 398 mg sodium, dan 326 mg potasium. 

Berikut ini beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan Ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungannya :


  • Sebagai Sumber Protein



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa lele merupakan ikan air tawar yang menjadi salah satu makanan sumber protein. Protein yang terkandung dalam ikan lele adalah sebanyak 20%. Fungsi protein pada ikan lele tak hanya berguna untuk meningktakan protein dalam tubuh Anda, tetapi juga dapat menjadi pelengkap protein yang baik di menu makan Anda. Protein dalam ikan lele terdiri dari asam amino esensial lisin, leusin, dan metionin. Protein yang terkandung dalam ikan lele lebih tinggi dibandingkan dengan protein dalam susu dan daging.


  • Kaya akan Omega 3



Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya Ibu hamil dalam menjaga  kesehatan dan perkembangan janin (terutama perkembangan otak dan saraf). Pada dasarnya omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk mendapatkannya Anda harus mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega 3. Meskipun begitu, mengonsumsi omega 3 yang paling baik adalah dari bahan alami, seperti mengonsumsi ikan lele.

Baca Juga : Penyebab Asam Lambung Naik saat Hamil


  • Mengandung Banyak Fosfor



Kandungan fosfor yang dimiliki ikan lele mencapai 168 mg atau 100 gram. Maka dari itu, fosfor yang terdapat dalam ikan lele lebih tinggi dari fosfor di dalam telur yang hanya 100 mg. Fosfor merupakan senyawa yang berfungsi untuk menguatkan energi dalam lemak, meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, mengekstrak metabolisme, serta membantu penyerapan kalsium dan sintesis DNA.

Ibu hamil membutuhkan banyak asupan fosfor guna merangsang pertumbuhan tulang yang baik pada janin. Jika seorang Ibu hamil kekurangan asupan fosfor, maka janin akan mengambil fosfor dari sang Ibu. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis pada Ibu hamil.

https://lingshenyao.id/gejala-kanker-rahim/
Disqus Comments