Thursday, July 25, 2019

Jarang Diketahui, Ini Dia Cara Keramas Rambut yang Benar


Merawat dan menjaga kebersihan rambut memang sangat penting agar rambut selalu sehat dan indah, serta terhindar dari masalah-masalah yang membuat kepala terasa tidak nyaman. Salah satu cara yang paling sering untuk merawat rambut adalah keramas. Meskipun mudah dan dapat dilakukan di rumah, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara keramas rambut yang benar. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membagikan tips mengenai cara keramas yang benar agar rambut menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa langkah yang benar saat keramas rambut :


  • Pilih Sampo yang Tepat



Nyatanya, tidak semua sampo cocok untuk semua jenis rambut. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih sampo yang akan Anda gunakan agar rambut Anda tidak rusak nantinya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah, kenali jenis rambut Anda dan baca kandungan serta ketentuan sampo yang tertera pada kemasan. Jika Anda ragu dengan jenis rambut Anda, maka akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter maupun ahli rambut.


  • Basahi Rambut Terlebih Dahulu



Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika keramas adalah membasahi rambut (lebih disarankan dengan air hangat) dan pijat-pijat kulit kepala. Hal ini bertujuan supaya kutikula terbuka dan kelenjar minyak pada kulit kepala Anda melonggar. Pastikan bahwa Anda membasahi rambut secara merata hingga ke sela-sela, agar sisa-sisa kotoran, sebum, dan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit kepala terbawa oleh air.


  • Gunakan Sampo Secukupnya



Ketika keramas, sebaiknya gunakan sampo secukupnya, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Sesuaikan kebutuhan sampo dengan panjang dan tebal rambut Anda. Selain itu, sebaiknya tuangkan sampo pada telapak tangan daripada menuangkannya langsung ke kepala. Pasalnya, menuangkan sampo secara lansung ke kepala dapat membuat rambut menjadi kering.


  • Teknik Keramas yang Benar



Jika sudah menuangkan sampo ke telapak tangan, beri sedikit air kemudian gosok hingga berbusa dengan gerakan melingkar. Setelah itu, tundukan kepala Anda kebawah untuk meratakan sampo ke seluruh bagian kepala.

Cara meratakan sampo dimulai dari bagian ujung rambut Anda, kemudian beralih ke bagian atas kepala, lalu ke arah belakang. Setelah itu barulah ratakan pada sisi kanan dan kiri. Pijat kulit kepala dengan ujung jari agar nutrisi yang dimiliki sampo menyerap dengan baik.


  • Bilas Rambut



Tidak seperti membahasi rambut diawal keramas yang menggunakan air hangat, saat membilas rambut justru akan lebih baik jika menggunakan air dingin agar kutikula menutup dan mengunci nutrisi dari sampo. Bilas hingga busa di rambut benar-benar bersih dan tidak terasa licin. Membilas rambut dengan air hangat juga dapat membuat rambut menjadi kering.

Baca Juga : Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Meluruskan Rambut

  • Keringkan Secara Perlahan



Ketika mengeringkan rambut, jangan menggosok atau menarik rambut terlalu keras. Pasalnya, hal tersebut dapat merusak rambut dan membuat rambut sulit di sisir. Cara yang benar adalah, tepuk-tepuk rambut secara pelan dengan handuk kering dan biarkan rambut terkena angin hingga kering. Anda juga dapat menggunakan alat pengering rambut (hair dryer).

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments