Wednesday, July 10, 2019

Akibat Berlebihan dalam Berolahraga


Setiap orang memang dianjurkan untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, jika kecapean olahraga akibat melakukannya secara berlebihan, maka dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Pasalnya, saat ini banyak orang yang memaksakan tubuhnya untuk berolahraga secara berlebihan agar target atau tujuannya tercapai. Padahal, olahraga yang dipaksakan dapat membuat tenaga atau energi di dalam tubuh terkuras, sehingga dapat menimbulkan merbagai masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat melakukan olahraga yang berlebihan :


  • Nyeri Otot



Olahraga berlebihan tentunya akan membuat otot-otot di tubuh terasa nyeri. Bahkan sendi, tulang, dan beberapa anggota tubuh pun akan terasa nyeri hingga cedera jika otot-otot dipaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Maka dari itu, pastikan Anda memberi waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat jika sudah lelah, agar kondisi tubuh dapat pulih kembali.


  • Memperbesar Jantung



Menurut para ahli kesehatan, olahraga secara berlebihan dapat meningkatkan risiko pembesaran jantung, terutama pada latihan angkat beban. Pasalnya, pada saat mengangkat beban seseorang akan menahan nafasnya. Padahal menahan nafas saat sedang mengangkat beban membuat udara tidak bisa keluar dari jantung, sehingga jantung akan membesar.


  • Sakit Punggung



Olahraga berlebihan yang banyak melibatkan otot, seperti sit up, angkat beban, dan lain-lain dapat menyebabkan sakit di bagian punggung. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang besar pada tulang punggung, yang mengakibatkan punggung terasa nyeri.


  • Susah Tidur



Olahraga secara teratur dan dalam batas normal sangat bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan justru dapat membuat Anda susah tidur dan insomnia. Pasalnya, olahraga berlebihan dapat membuat tubuh merasa stres, sehingga tubuh akan memproduksi hormon kortisol (hormon pemicu stres) yang membuatnya tak bisa rileks ataupun tertidur.

Baca Juga : Olahraga Mudah untuk Penderita Diabetes


  • Osteoarthritis



Osteoarthritis disebut juga dengan penyakit degenerasi sendi. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan pada sendi-sendi di dalam tubuh. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah terlalu banyak berolahraga.


  • Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh



Pada dasarnya, tubuh akan memulihkan dirinya dari kelelahan setelah berolahraga ketika Anda beristirahat di malam hari. Namun, jika Anda melakukan olahraga secara berlebihan, maka tubuh akan sulit untuk rileks sehingga sulit untuk tertidur di malam hari. Lama kelamaan kondisi tersebut dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah. Akibatnya, Anda jadi mudah terserang batuk, demam, flu, pilek, sakit kepala, bahkan penyakit lainnya yang lebih berat.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/
Disqus Comments