Tuesday, July 30, 2019

Penyebab Kaki Selalu Bergerak saat Tidur


Gerakan Kaki sebelum Tidur. Apakah Anda sering menggerak-gerakan kaki, atau bagian tubuh lainnya saat sedang tidur? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami restless leg syndrome (RLS). Kondisi ini merupakan suatu gangguan yang berhubungan dengan gerakan atau sensasi yang dirasakan di tubuh Anda.

Biasanya, penderita RLS akan mengalami rasa seperti geli, kesemutan, gatal, panas, atau rasa tidak nyaman pada bagian kaki. Namun tak hanya pada kaki, kondisi ini juga dapat dialami oleh bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, menggerak-gerakan kaki atau anggota tubuh lainnya akan mengurangi sedikit rasa tidak nyaman yang dialami.

Selain itu, penderita RLS biasanya juga akan mengalami kesulita untuk tidur di malam hari, sehingga mengakibatkan kualitas tidur terganggu dan kelelahan di siang hari.

Gejala Restless Leg Syndrome

Berikut ini beberapa gejala yang dapat dialami penderita RLS :

  • Adanya dorongan untuk selalu menggerakan bagian tubuh yang dirasa tidak nyaman. Pasalnya, rasa tidak nyaman tersebut akan hilang selama anggota tubuh aktif bergerak.
  • Sensasi tidak nyaman yang dirasakan akan semakin menjadi ketka penderita tengah beristirahat, seperti ketika tidur, duduk terlalu lama, ataupun saat sedang berkendara. Hal ini disebabkan karena, bagian tubuh tertentu akan terasa gatal dan tidak nyaman ketika penderita RLS mengistirahatkan tubuuhnya.
  • Keluhan-keluhan tersebut biasanya semakin menjdi di malam hari.

Penyebab Restless Leg Syndrome

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab RLS :

  • Faktor Keturunan

Peneliti mengemukakan bahwa orangtua yang mengalami restless leg syndrome berpotensi menurunkan gangguan kesehatan ini kepada anaknya. Namun, biasanya kondisi ini terjadi jika orangtua telah berusia lanjut.

  • Pengaruh Obat-Obatan

Restless leg syndrome juga dapat terjadi akibat pengaruh obat-obatan. Jika Anda kerap mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan, methamin (sejenis arkoba), ataupun obat mual, maka akan mempengaruhi munculnya gangguan RLS.

  • Penyakit

Selain pengaruh obat-obatan tertentu, RSL juga erat kaitannya dengan orang yang menderita penyakit seperti gagal ginjal, diabetes, kerusakan saraf, dan penyakit parkinson. Kondisi ini juga dapat dialami oleh seseorang dengan tubuh yang kekurangan zat besi.

Restless leg syndrome sering kali menyebabkan turunnya kualitas tidur seseorang. Hal ini tentunya harus segala diatasi, sebab kurang tidur bisa memicu berbagai macam penyakit. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat, menghindari alkohol dan rokok, serta olahraga secara teratur.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments