Sunday, July 14, 2019

Ketahui Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini


Gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ginjal gagal dalam menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan berbagai macam masalah, hingga menimbulkan berbagai komplikasi yang lebih serius. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala gagal ginjal sejak dini, agar Anda dapat menanganinya tepat waktu.

Ginjal terletak pada kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang. Fungsi utama dari ginjal adalah menyaring darah, dimana ginjal akan memisahkan zat-zat beracun, mengontrol keseimbangan cairan, serta keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk memperodusi hormon dan enzim yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah, meningkatkan produksi sel darah merah, dan menjaga kesehatan tulang.

Namun, seseorang dengan gagal ginjal tidak dapat menyaring kotoran, tidak dapat mengontrol jumlah cairan di dalam tubuh, serta tidak dapat mengendalikan tekanan darah. Jika kondisi ini terjadi, maka kadar racun dan zat berbahaya lainnya akan menumpuk di dalam tubuh dan akan berakibat buruk jika dibiarkan.

Berikut ini gejala-gejala gagal ginjal yang perlu Anda ketahui :


  • Kelelahan



Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebababkan menumpuknya zat-zat berbahaya di dalam darah. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mudah merasa lelah, lemah, hingga sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, dimana penyakit ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan. 


  • Kencing Berdarah



Ginjal yang sehat akan menjaga sel darah di dalam tubuh saat menyaring racun dan kotoran dari darah untuk menghasilkan urin. Namun, apabila ginjal tak dapat menyaring darah dengan baik, maka sel darah ini akan bocor ke dalam urin. Hal ini yang menyebabkan seseorang dengan gagal ginjal mengalami kencing berdarah. Gejala ini juga bisa jadi indikasi penyakit lain, seperti infeksi ataupun batu ginjal.

Baca Juga : Bahaya Infeksi Saluran Kemih


  • Kulit Kering dan Gatal



Kulit kering dan gatal bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit mineral dan tulang yang menyertai penyakit gagal ginjal stadium lanjut. Gejala ini muncul akibat ginjal tak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.


  • Pembengkakakan



Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Maka dari itu, gejala gagal ginjal dapat dilihat dari adanya pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah yang disebabkan karena akumulasi cairan yang berlebih di dalam tubuh.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-payudara/
Disqus Comments