Tuesday, July 9, 2019

Ini Dia Ciri-Ciri Penyakit Gula yang Perlu Diwaspadai


Ciri-Ciri Penyakit Gula. Banyak orang yang sudah terkena PENYAKIT diabetes atau kencing manis, namun tidak menyadarinya. Hal ini disebabkan karena, mereka tidak mengetahui gejala penyakit tersebut, yang memang sering kali diabaikan dan tidak disadari. Padahal, akan lebih mudah mengobati penyakit kencing manis ini bila terdeteksi sejak dini.

Kencing manis sendiri adalah sebuah penyakit, dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia). Hal ini bisa disebabkan akibat produksi insulin yang tidak memadai, ataupun karena sel-sel tubuh yang tidak dapat merespon insulin dengan baik.

Berikut ini ciri-ciri atau gejala penyakit diabetes yang perlu Anda ketahui :


  • Sering Buang Air Kecil



Jika akhir-akhir ini Anda sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil, maka Anda harus waspada. Pasalnya salah satu gejala diabetes ditandai dengan frekuensi buang air kecil yang semakin tinggi atau bisa juga disebut dengan beser.

Normalnya gula darah akan disaring oleh ginjal, lalu diserap kembali oleh darah. Namun, orang dengan diabetes memiliki kadar gula yang terlampau tinggi, sehingga ginjal tidak mampu menyerap semua gula yang ada di dalam tubuh. Kondisi ini membuat ginjal bekerja lebih keras lagi untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan gula dalam darah melalui urin.


  • Lebih Cepat Haus



Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa seseorang dengan dabetes akan lebih sering buang air kecil. Namun, air kecil yang dihasilkan cenderung lebih kental, sehingga ginjal secara otomatis akan mengambil lebih banyak cairan dari dalam tubuh untuk mengencerkannya. Maka dari itu, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal haus ke otak. Hal inilah yang membuat Anda lebih banyak minum dan lebih cepat haus. Hal ini juga berkaitan dengan seringnya buang air kecil yang dialami penderita diabetes.


  • Sering Merasa Lapar



Jika insulin di dalam  darah tidak bekerja dengan baik, atau bahkan tidak ada insulin sama sekali, maka tubuh tidak akan mendapat energi yang cukup. Pasalnya, insulin bertugas untuk memasukan glukosa sebagai energi ke dalam sel. Akibatnya, tubuh akan bereaksi dengan mencoba menemukan lebih banyak energi, sehingga penderita akan sering merasa lapar dan makan dalam jumlah yang banyak. Meskipun makan banyak, tubuh penderita diabetes akan tetap lemah.


  • Luka yang Lama Sembuhnya



Jika Anda memiliki memar atau luka yang lebih lama sembuhnya dari biasanya, maka bisa jadi Anda mengalami gejala diabetes. Pasalnya, ketika tubuh kelebihan gula (glukosa), maka kemampuan tubuh untuk sembuh dari luka atau memar pun menjadi terganggu, sehingga akan sembuh lebih lama.

Disqus Comments