Monday, July 8, 2019

Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi


Cantengan bukan hanya suatu konsisi yang dapat dialami oleh orang dewasa saja, namun cantengan juga dapat dialami oleh bayi. Cantengan pada bayi akan menyebabkan bayi rewel dan menangis karena kesakitan. Maka dari itu, penting bagi para Ibu di ruman untuk mengetahui cara mengatasi kuku cantengan pada bayi, seperti yang akan dibahas dalam ulasan berikut.

Cantengan merupakan suatu kondisi dimana kuku menekan atau menancap kedalam kulit. Cantengan lebih sering terjadi pada jempol kaki. Salah satu penyebab cantengan pada bayi adalah penggunaan sepatu atau kaus kaki yang terlalu ketat. Tak hanya itu, cantengan pada bayi juga dapat disebabkan karena adanya kesalahan kekita menggunting kuku bayi, seperti mengguntingnya terlalu dalam atau terlalu dekat dengan kulit.

Saat mengalami cantengan, jari bayi akan berwarna kemerahan, bengkak, dan dapat mengeluarkan cairan kuning atau nanah. Hal tersebut menimbulkan rasa nyeri yang menyebabkan bayi rewel, menangis, dan tidak mau memakai sepatu.

Untuk mengatasi cantengan pada bayi, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan :


  • Rendam Kaki Bayi dengan Air Hangat



Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cantengan pada bayi adalah, dengan merendam kakinya kedalam, air hangat. Cara ini sangat dianjurkan di saat cantengan baru tumbuh.

Anda juga dapat menambahkan garam kedalam air hangat, kemudian rendam kaki yang terdapat cantengan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga : Penyebab Mikrosefalus pada Bayi yang Harus Diketahui

  • Rendam Kaki Bayi dengan Air Sabun



Selain air hangat dan garam, Anda juga dapat mengatasi cantengan pada bayi dengan menggunakan air sabun. Rendamlah kaki bayi kedalam air sabun yang hangat selama 10 menit, lalu keringkan kuku bayi. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari.


  • Menggunakan Parutan Jahe



Jahe merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit. Anda dapat menggunakan parutan jahe untuk mengatasi cantengan pada bayi. Caranya adalah, parut jahe dan campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut ke bagian yang luka, lalu tutup dengan perban agar zatnya teserap dengan baik.


  • Jangan Gunakan Sepatu atau Kaus Kaki terlalu Ketat



Ketika bayi mengalami cantengan, sebaiknya hindari penggunaan kaus kaki atau sepatu yang terlalu ketat. Jika berada didalam rumah, sebaiknya biarkan bayi bertelanjang kaki apabila memungkinkan.


  • Berikan Obat Pereda Nyeri



Jika kondisi cantengan mulai membuat bayi terasa sangat terganggu dan tidak nyaman, Anda dapat memberinya obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memberikan obat pada bayi.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments