Sunday, July 28, 2019

Pentinganya Sarapan Setiap Hari


Akibat Malas Sarapan Pagi. Sarapan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan setiap hari. Pasalnya makan di pagi hari dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan. Meskipun begitu, tak sedikit orang yang tetap melewatkan sarapan walaupun mereka mengetahui tentang pentingnya sarapan. Padahal, kebiasaan malas sarapan dapat berakibat buruk. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa masalah yang dapat terjadi ketika Anda melewatkan sarapan.

Berikut ini dampak buruk yang dapat timbul akibat malas sarapan :


  • Cepat Lupa atau Pikun



Kebiasaan melewatkan sarapan di pagi hari dapat mempengaruhi perkembangan intelektual bayi dan anak-anak. Sebuah studi menyatakan bahwa seorang anak yang rutin sarapan oatmeal cenderung memiliki memori jangka pendek yang lebih baik dibandingkan anak-anak lain yag tidak sarapan.

Selain itu, seorang anak yang tidak sarapan akan lebih cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, hingga kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif. Pasalnya, kekurangan asupan zat besi, yodium, dan protein pada anak mengacu pada IQ yang lebih rendah. Tak hanya itu, kurangnya asupan nutrisi dan pengaruh gizi yang buruk pada anak juga mengacu pada penurunan retang perhatian (konsentrasi), gangguan memori, serta memperlambat respon anak pada saat belajar.


  • Migrain



Jika Anda sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah saat tengah menjalankan aktivitas, mungkin hal tersebut merupakan akibat dari kebiasaan melewatkan sarapan. Hal ini disebabkan karena, tidak makan di pagi hari dapat membuat tekanan darah meningkat sehingga menyebabkan migrain.

Baca Juga : Ini yang Terjadi Apabila Pusar tidak Dibersihkan


  • Obesitas



Siapa sangka jika ternyata orang yang sering melewatkan sarapan justru berisiko tinggi untuk mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan karena, ketika seseorang tidak makan pagi maka nafsu makannya akan meningkat, khususnya dalam mengonsumsi makanan yang manis dan berlemak.


  • Diabetes Tipe-2



Akibat malas sarapan yang tak kalah berbahaya dari obesitas adalah, dapat memicu penyakit diabetes tipe-2. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, dimana seorang wanita yang jarang sarapan lebih tinggi risikonya untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan mereka yang tidak melewatkan sarapan.


  • Memicu Penyakit Jantung



Sarapan pagi memang tidak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, banyak efek buruk yang dapat diterima oleh tubuh akibat malas sarapan. Selain diabetes, kebiasaan melewatkan sarapan juga dapat memicu terjadinya serangan jantung. Selain itu, mereka yang lebih memilih untuk langsung makan siang juga rentan mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments