Wednesday, July 31, 2019

Akibat Kurang Tidur dan Minum Air Putih


Akibat Kurang Tidur dan Minum Air Putih. Sebanyak 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Hal tersebut tentunya membuat setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh mereka agar tidak mengalami dehidrasi dan agar fungsi tubuh berjalaan dengan baik. Pada dasarnya manusia harus meminum setidaknya 8 gelas air putih perhari demi kelancaran aktivitas sehari-hari.

Selain harus memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, hal yang tak kalah penting bagi manusia adalah mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup. Pasalnya, pada saat tubuh Anda beristirahat, maka Ia akan memperbaiki diri baik secara fisik maupun secara mental, sehingga tubuh akan terasa bugar dan berenergi ketika bangun tidur. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak dan remaja, sebab hormon pertumbuhan akan dikeluarkan pada saat tubuh beristirahat.

Baik kekurangan cairan ataupun kurang tidur akan menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Berikut ini akibat yang timbul jika Anda kurang tidur dan kurang minum air putih :

  • Daya Tahan Tubuh Menurun



Ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan menyebabkan cairan yang dikeluarkan dalam bentuk urin pun berkurang daripada biasanya. Hal ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele, karena bagaimanapun racun-racun di dalam tubuh juga akan dikeluarkan melalui urin. Sehingga jika Anda kurang minum air putih, maka racun dan limbah akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat daya tahan tubuh Anda menurun.

Selain kekurangan cairan, kurang tidur juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh Anda menurun. Sebab, pada saat tubuh tertidur sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan protein (cytokines) yang dapat memulihkan tubuh dari infeksi ataupun peradangan.

Maka dari itu, seseorang yang kurang tidur dan kurang minum air putih cenderung lebih mudah terserang penyakit dibanding mereka yang mencukupi kebutuhan cairan dan istirahatnya.


  • Kelelahan



Jika Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka darah akan menjadi lebih kental sehingga jantung harus bekerja lebih ekstra untuk menjaga oksigen dan nutrisi lainnya. Maka dari itu tubuh akan merasa lebih mudah lelah dan terlihat lesu. Selain itu, kurang minum air putih dan kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

  • Sakit Kepala



Dampak dari kurang tidur dan kurang minum air juga akan menyebabkan kepala Anda terasa sakit dan pusing. Maka dari itu penuhilah kebutuuhan istirahat dan kebutuhan cairan tubuh agar badan tetap sehat dan bugar.

Disqus Comments