Sunday, June 23, 2019

Kebiasaan Ini dapat Merusak Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu indra yang dianggap paling penting bagi manusia, karena pada dasarnya manusia membutuhkan indra pengihatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, tak jarang orang-orang melakukan perawatan mata agar mendapatkan kesehatan indra penglihatan yang optimal. Namun, tanpa disadari masih banyak orang yang melakukan kebiasaan yang dapat merusak mata, bahkan melakukan perawatan yang dapat membahayakan kesehatan mata itu sendri. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kebiasaan yang dapat merusak mata.
Berikut ini beberapa hal yang dapat merusak mata :

  • Mengucek Mata


Mengucek, menyentuh, atau menggosok mata, merupakan hal yang sering dilakukan, terutama ketika mata Anda terasa gatal. Namun perlu Anda ketahui, bahwa mengucek mata terlalu keras dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengalami peradangan. Maka dari itu, jika mata Anda terasa gatal dan sebagainya, cukup tutup mata Anda dan sentuh bagian luarnya saja.
Selain itu, ketika Anda menyentuh atau menggosok mata Anda, belum tentu tangan Anda berada dalam kondisi yang bersih. Jika hal tersebut terjadi, maka kuman akan masuk kedalam mata Anda. Pasalnya, selaput lendir pada mata merupakan tempat yang baik bagi kuman untuk berkembang. Maka dari itu, jangan sembarangan untuk mengucek mata ketika gatal.

  • Memakai Lensa Kotak saat Tidur


Lensa kotak adalah lensa korektif yang biasanya digunakan di kornea mata. Lensa kotak kerap digunakan oleh orang yang mengalami mata minus ataupun sebagai alat kecantikan pada mata. Meskipun lensa kotak dapat menggantikan posisi kacamata biasa, tetapi lensa kotak bersifat lebih ringan dan bentuknya tak nampak ketika digunakan. Selain itu, lensa kotak memiliki warna yang bervariasi dan dapat membuat mata terlihat lebih indah, sehingga banyak orang yang menggunakannya meskipun matanya tidak minus.
Jika Anda pengguna lensa kotak, jangan lupa untuk melepaskan lensa yang Anda gunakan ketika hendak tidur. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jika Anda menggunakan lensa kotak saat tidur, maka kornea mata Anda tidak akan mendapat asupan oksigen yang dibutuhkan, sehingga dapat menyebabkan infeksi dan mendorong pertumbuhan bakteri pada mata.

  • Terlalu Lama Menatap Layar Handphone


Di zaman digital ini, smartphone seakan menjadi hal yang harus dimiliki oleh setiap orang, entah itu untuk berkomunikasi, sosial media, ataupun bermain game. Bahkan banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain handphone. Namun, menatap layar handphone atau jenis gadget lainnya terlalu lama sangat tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Selain itu, terlalu lama menatap layar handphone juga dapat menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan mata Anda, biasakan untuk tidak terpaku ke layar handphone saja, melainkan memandang kearah lain yang lebih jauh setiap beberapa menit.
Disqus Comments