Tuesday, May 14, 2019

Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari


Kehamilan merupakan saat yang paling di tunggu-tunggu oleh kedua orang tua, terutama untuk mereka yang baru saja akan memiliki anak. Adanya tanda awal kehamilan merupakan suatu petunjuk bahwa kehadiran seorang buah hati di tengah-tengah keluarga tinggalah menunggu waktu. Namun, ada beberapa ciri-ciri kehamilan yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda awal kehamilan yang perlu Anda ketahui.


  • Mual dan Muntah (Morning Sickness)



Sebagian besar orang hamil akan mengalami morning sickness atau perasaan mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hari. Hal tersebut terjadi akibat peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon pemicunya tersebut adalah Human Chorionic Gonadotrophin (HCG). Selain itu, peningkatan hormon juga terjadi pada saluran air kencing.

Maka dari itu, air kencing sering dijadikan media untuk memeriksa kehamilan melalui test pack. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan hormon HCG. Peningkatan hormon tersebut dapat memberikan efek perih pada lapisan perut Anda, sehingga menyebabkan rasa mual. Namun, kondisi tersebut biasanya akan hilang ketika memasuki kehamilan trimester kedua.


  • Sering Buang Air Kecil



Ketika hamil, keinginan untuk buang air kecil menjadi semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan karena, janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, kandung kemih juga akan lebih cepat dipenuhi oleh urin, sehingga keinginan untuk buang air kecil pun menjadi lebih sering dari biasanya. Pengaruh hormon kehamilan juga merupakan salah satu faktor penyebab seringnya buang air kecil ketika hamil.

Meskipun frekuensi untuk buang air kecil meningkat, jangan sampai Anda menahan-nahan atau membatasinya, karena hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi selama masa kehamilan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari terjadinya dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.


  • Terjadi Perubahan Pada Payudara



Ketika Anda memasuki masa kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada payudara, yakni payudara akan membesar. Hal tersebut disebabkan karena, adanya peningkatan produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain membesar, kondisi payudara juga akan terasa lebih lembut, sehingga menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi yang menyebabkan peyudara akan terasa nyeri saat dipegang.

Selain itu, kehamilan juga ditandai dengan kondisi puting susu yang juga membesar, serta warnanya yang semakin gelap, yang terkadang juga terasa gatal. Pembuluh darah vena  pada payudara juga akan terlihat akibat payudara yang menegang.

Selain meningkatnya hormon esterogen dan progesteron, ketika hamil akan terjadi juga aktivitas hormon Human Placental Lactogen (HDL). Hormon tersebut diproduksi untuk mempersiapkan ASI.

Baca Juga : Macam-Macam Kandungan Buah Mangga untuk Ibu Hamil


  • Kram Perut



Kram perut merupakan hal yang paling sering dirasakan oleh wanita ketika hamil muda. Kondisi tersebut biasanya merupakan kram perut ringan, dan rasanya sama seperti kram perut ketika menstruasi, sehingga tanda-tanda ini terkadang tidak disadari.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/
Disqus Comments