Wednesday, May 22, 2019

4 Tahapan Menopause yang Perlu Diketahui


Menopause merupakan masa dimana seorang wanita tidak akan lagi mengalami menstruasi. Hal tersebut disebabkan karena hilangnya aktivitas folikuler ovarium. Seorang wanita dinyatakan menopause, apabila Ia tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut tanpa adanya pemicu seperti kehamilan, menyusui, serta adanya pengobatan atau penyakit tertentu. Umumnya, wanita memasuki masa menopause pada usia 50 sampai 52 tahun. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tahapan menopause yang akan dialami oleh wanita. Transisi dari setiap tahapan umumnya berlangsung antara satu hingga tiga tahun.

Berikut ini empat tahapan menopause beserta penjelasannya yang perlu Anda ketahui :


  • Pramenopause



Tahapan yang pertama dalam masa menopause adalah pramenopause. Pada tahap ini, seorang wanita akan mengalami siklus menstruasi yang kacau, perubahan fisik dan psikologis, serta pendarahan memanjang yang relaif banyak dan terkadang disertai rasa nyeri. Tahap ini merupakan permulaan dari masa transisi klimaterik yang dimulai dari dua hingga lima tahun sebelum memasuk masa menopause. Pramenopause normalnya terjadi pada usia antara 45 sampai 55 tahun.


  • Perimenopause



Tahapan yang kedua adalah perimanopause. Tahapan ini merupakan masa dimana kondisi tubuh menyesuaikan diri dengan masa menopause yang berkisar antara 2 sampai 8 tahun, kemudian ditambah dengan satu tahun setelah periode terakhir menstruasi. Di Indonesia sendiri, tahapan perimenopause umumnya terjadi pada usia anara 46 hingga 55 tahun.


  • Menopause



Tahapan selanjutnya adalah tahap menopause. Pada tahapan ini, ovarium berhenti mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron, tetapi tetap mengeluarkan hormon pria seperti androstenedione dan testosterone. Hal tersebut menyebabkan perubahan serta keluhan baik secara fisik maupun psikologis yang semakin menonjol. Tahapan ini umumnya terjadi di usia antara 49 hingga 50 tahun, dan dapat berlangsung selama 3 sampai 4 tahun.


  • Pascamenopause



Pascamenopause merupakan tahapan terakhir dalam masa menopause. Pada tahap ini telah terjadi adaptasi perubahan fisik dan psikologis. Selain itu, ovarium juga sudah tidak berfungsi lagi dan juga mengalami pengecilan ukuran (atrofi). Pada tahap pascamenopause, wanita yang berusia antara 50 hingga 55 tahun mengalami peningkatan hormon gonadotropin, yakni hormon yang berperan terhadap kesuburan wanita. Normalnya, tahapan ini berlangsung selama kurang lebih 10 hingga 15 tahun, yang kemudian diikuti oleh masa senium (uzur) di usia sekitar 65 tahun hingga akhir kehidupan.

Baca Juga : Macam-Macam Kandungan Buah Mangga untuk Ibu Hamil

https://lingshenyao.id/gejala-kanker-serviks-lingshenyao/
Disqus Comments